Kamis, 29 September 2016

Cara Mengatasi Microsoft Excel Yang Lambat

Cara Mengatasi Microsoft Excel Yang Lambat - Mungkin Anda adalah salah satu pengguna microsoft excel yang saat ini sedang mengalami permasalahan pada excel yang Anda gunakan. Masalah yang mungkin sedang Anda hadapi adalah spreadsheet microsoft excel yang sangat lama saat merespon perintah seperti lama saat melakukan save, lama saat melakukan copy-paste, lama saat melakukan insert row atau column, dan lain sebagainya. Umumnya hal itu terjadi pada file yang menggunakan beberapa Sheet untuk menempatkan data. Salah satu penyebab utama dari masalah-masalah tersebut adalah adanya object yang tersembunyi pada spreadsheet excel yang digunakan untuk menyimpan data.

Untuk mengetahui apakah ada object yang tersembunyi pada spreadsheet excel yang Anda gunakan, silahkan melakukan print preview pada data Anda. Jika Anda menggunakan banyak sheet, lakukan print preview pada setiap sheet microsoft excel yang Anda gunakan. Jika data tidak muncul pada saat dilakukan print preview, maka kemungkinan ada beberapa hidden object di lembar kerja excel yang Anda gunakan. Perhatikan gambar dibawah ini !

print preview

Setelah Anda mengetahui spreadsheet mana saja yang tidak bisa menampilkan print preview data, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah :

1. Buka Sheet yang tidak bisa menampilkan print preview
2. Tekan F5 pada keyboard kompuetr Anda, maka akan muncul kotak dialog "Go To".
3. Pada kotak dialog "Go To", tekan "Special...", maka akan muncul kotak dialog "Go To Special".

go to

4. Pada kotak dialog "Go To Special", silahkan pilih "Objects", setelah itu tekan "Ok".

go to special

5. Tunggu hingga proses selesai dan muncul hidden object. Lamanya proses tergantung banyaknya hidden object yang ada. Lihat gambar dibawah ini !

hidden object

6. Setelah hidden object muncul, tekan "Delete".
7. Tunggu hingga proses penghapusan hidden object selesai. Lamanya proses tergantung banyaknya hidden object yang akan dihapus. Setelah itu, pastikan bahwa hidden object telah terhapus dan tidak muncul lagi dengan mengulangi cara 1 - 6.

no objects found

Itulah Cara Mengatasi Microsoft Excel Yang Lambat dan lama dalam merespon setiap perintah. Lakukan cara ini pada setiap sheet yang Anda gunakan, walaupun sheet tersebut dapat menampilkan print preview, hingga tidak ada lagi hidden object yang tersisa. Setelah itu, kinerja excel Anda akan kembali berjalan normal. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook