Kamis, 06 April 2017

Cara Meracik Parfum Dengan Tepat

Cara Meracik Parfum Dengan Tepat - Parfum atau minyak wangi telah lama digunakan sebagai salah satu penunjang penampilan dan penambah rasa percaya diri seseorang. Namun untuk membeli parfum yang original, biasanya terkendala oleh harganya yang cukup mahal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat menggunakan parfum racikan Anda sendiri dengan aroma yang sesuai dengan selera Anda dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Sebenarnya untuk menggunakan parfum racikan, Anda cukup datang ke toko parfum isi ulang dan minta dibuatkan parfum Anda. Tapi bila Anda ingin merasakan kepuasan diri atas keberhasilan Anda membuat parfum yang berkelas, maka sebaiknya Anda meracik parfum Anda sendiri. Berikut ini langkah-langkah meracik parfum yang dapat Anda lakukan :

Peralatan Meracik Parfum

- Gelas Ukur
Alat ini digunakan untuk memastikan jumlah bibit parfum dan bahan campuran lain yang akan digunakan, sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran/volume botol yang digunakan.
- Injektor (alat suntik)
Alat ini digunakan untuk mengambil dan memasukan pafum kedalam botol, selain itu dapat juga digunakan untuk mengocok bahan-bahan parfum hingga tercampur rata.
- Botol Parfum
Alat ini digunakan sebagai tempat parfum. Siapkan 1 buah botol parfum, untuk ukuran/volume botol dapat disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri, misalnya 50 ml atau 100 ml.
- Kain Lap bersih atau tissu
Alat ini digunakan untuk membersihkan botol dari sisa-sia parfum yang melekat.

Bahan-bahan Parfum

- Bibit Parfum
Gunakan bibit parfum dengan kwalitas yang terbaik atau kwalitas super. Pada saat Anda membeli bibit parfum, mintalah yang kwalitas super, mungkin harganya sedikit lebih mahal, namun kepuasan Anda tentunya jauh lebih mahal.
- Alkohol, Absolute German/Etanol
Gunakan alkohol 96% (kwalitas fragrance grade) untuk parfum yang beraroma strong atau standar, dan untuk parfum yang beraroma lembut, gunakan absolute german/etanol.
- Solfiol/Solvatin
Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat parfum non alkohol, dan botol yang digunakan adalah botol jenis roll bukan botol spray.
- Penguat/Perekat Parfum
Bahan ini digunakan untuk menguatkan aroma parfum dan membuat aroma menjadi tahan lama. Umumnya digunakan sebanyak 5% dari total campuran, misalnya untuk volume 100 ml maka penguat yang digunakan menjadi 5 ml.
- Metanol
Bahan ini digunakan untuk mencuci botol parfum, injektor dan peralatan lainnya.

Cara Meracik Parfum

Untuk hasil yang lebih baik, maka perbandingan jumlah bahan-bahan campuran yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis bahan parfum yang digunakan. Contohnya pada jenis yang lemah dan tidak tahan lama (Eau de toilette), untuk ukuran/volume 100 ml maka  bibit parfum yang digunakan sebanyak 50 ml, alkohol/etanol sebanyak 45 ml, dan penguat/perekat parfum sebanyak 5 ml. Jadi jumlah total seluruhnya adalah 100 ml. Jika ada bahan lain, kurangi jumlah alkoholnya. Untuk jenis parfum yang kuat dan tahan lama (Eau de parfum), maka Anda dapat menggunakan perbandingan 30-70 (30 ml bibit dan 70 ml bahan campuran).

- Bersihkan botol parfum, injektor dan gelas ukur dengan menggunakan metanol, tapi jika peralatan tersebut bukan bekas pakai, maka tidak perlu dibersihkan.
- Masukan bibit parfum kedalam gelas ukur dengan menggunakan injektor sesuai takaran. Anda juga dapat langsung memasukan bibit parfum kedalam botol dengan menggunakan ukuran yang ada pada injektor. Setelah injektor digunakan, cuci injektor dengan metanol.
- Masukan Alkohol atau Absolut German/Etanol dan penguat/perekat parfum kedalam gelas ukur menggunakan injektor sesuai takaran. Anda juga dapat langsung memasukan bahan tersebut kedalam botol dengan menggunakan ukuran yang ada pada injektor.
- Kocok bahan campuran tersebut menggunakan injektor dengan cara menarik dan menyuntikan kembali ke dalam gelas ukur atau ke dalam botol.
- Setelah parfum selesai dibuat dan ditempatkan ke dalam botol parfum, bersihkan sisa-sia parfum yang melekat pada botol dengan menggunakan kain lap bersih atau tissu. Selanjutnya masukan ke dalam freezer kulkas dan diamkan selama 12 jam. Hal ini dilakukan agar bibit dan alkohol cepat tercampur dan membuat aroma parfum Anda menjadi lebih tahan lama.

Demikian Cara Meracik Parfum Dengan Tepat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli pembuat parfum agar mendapatkan hasil terbaik. Selanjutnya tebarkan aroma parfum Anda pada setiap aktifitas Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook