Selasa, 16 Agustus 2016

Cara Membuat Daftar Hadir Di Microsoft Excel

Cara Membuat Daftar Hadir Di Microsoft Excel - Mendata kehadiran seperti pada kegiatan rapat menjadi hal yang bisa dikatakan penting, sebab dengan begitu jumlah peserta yang hadir dapat diketahui dengan mudah. Daftar hadir juga merupakan dokumen penting bagi sebuah unit usaha yang memiliki beberapa orang karyawan. Dengan adanya daftar hadir, maka jumlah kehadiran dan ketidakhadiran seorang karyawan dalam satu bulan dapat diketahui dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah membuat daftar hadir yang harus Anda lakukan :

1. Buka microsoft excel Anda
2. Buatlah tabel  untuk daftar hadir sesuai kebutuhan Anda. Lihat contoh gambar dibawah ini.

format daftar hadir

3. Gunakan fungsi COUNTIF untuk mengetahui jumlah kehadiran dan ketidakhadiran karyawan. Contohnya jika ingin memunculkan jumlah kehadiran/ketidakhadiran nama karyawan yang berada di nomor urut 1 pada baris 8, maka rumus yang Anda buat adalah sebagai berikut :

- Klik pada kolom keterangan masuk (M), ketikan rumus : =COUNTIF(D8:AH8,"M").
- Klik pada kolom keterangan izin (I), ketikan rumus : =COUNTIF(D8:AH8,"I")
- Klik pada kolom keterangan sakit (S), ketikan rumus : =COUNTIF(D8:AH8,"S")
- Klik pada kolom keterangan tanpa keterangan (TK), ketikan rumus : =COUNTIF(D8:AH8,"TK")

Ket :
D = sel pada tanggal 1 (awal bulan).
AH = sel pada tanggal 31 (akhir bulan),

fungsi countif pada daftar hadir

4. Setelah selesai membuat rumus (fungsi COUNTIF) pada masing-masing baris nama, maka pembuatan daftar hadir telah selesai, selanjutnya silahkan input data kehadiran setiap karyawan sesuai keterangan kehadiran/ketidakhadiran per harinya.

daftar hadir karyawan

Itulah Cara Membuat Daftar Hadir Di Microsoft Excel yang bisa Anda lakukan. Anda dapat membuatnya sesuai dengan format yang Anda inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook