Sabtu, 21 Maret 2015

Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting

Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting - Salah satu masalah pada komputer yang sering terjadi adalah tidak mau booting saat dihidupkan. Hal tersebut tentu sangat mengganggu dan membuat kita bingung. Betapa tidak, kemarin komputer tersebut masih dalam keadaan normal, tetapi saat akan dihidupkan kembali komputer tersebut mengalami masalah yaitu tidak mau booting. Dalam menghadapi hal tersebut yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan kemudian melakukan pemeriksaan secara teliti untuk mengetahui penyebab masalah tersebut.

Untuk menghemat biaya yang mungkin timbul, jangan terlalu tergesa-gesa dengan segera membawa komputer Anda ke tempat service komputer. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer tidak mau booting. Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

Masalah pada sistem windows
Sistem windows yang corupt atau missing dapat menyebabkan komputer tidak mau booting saat dihidupkan. Cara untuk mengatasinya adalah :

- Lakukan repair sistem windows, gunakan CD windows setup/driver yang sesuai dengan windows yang digunakan.
- Jika dengan repair tidak bisa mengatasi, maka lakukan instal ulang windows Anda.

Masalah pada hardware
Hardware pada komputer terutama processor yang overheat dapat menyebabkan komputer tidak mau booting. Cara untuk mengatasinya adalah :

- Periksa heatsink dan kipas processor, jika terdapat banyak debu atau kotoran, segera bersihkan. Jika fan processor tidak berputar, segeran perbaiki atau ganti dengan yang baru.

- Periksa thermal paste, jika terlalu kering atau berkurang, segara ganti dengan yang baru.

Masalah pada RAM (Random Access Memory)
RAM atau memori yang bermasalah juga menjadi penyebab komputer tidak mau booting. Cara untuk mengatasinya adalah :

- Lepas memori dari tempatnya, kemudian bersihkan pin tembaga memori tersebut. Gunakan penghapus pencil untuk membersihkannya.
- Jika terdapat 2 slot memori, lepas memori dan pindahkan ke slot memori yang lain.
- Jika memori telah rusak, segera ganti dengan memori baru yang sesuai dengan jenis memori yang ada.

Masalah pada hardisk
Hardisk yang tidak terdeteksi dapat menyebabkan komputer tidak mau booting, biasanya ditandai dengan adanya pesan Disk Boot Failure. Cara mengatasinya adalah :

- Periksa hardisk, apakah masih bekerja dengan baik. Caranya pegang hardisk saat dihidupkan dan rasakan getaran pada hardisk tersebut. Jika masih bergetar, itu menandakan piringan dalam hardisk masih berfungsi normal dan hardisk dalam kondisi baik.
- Periksa sambungan kabel hardisk, apakah ada kerusakan atau tidak terpasang dengan benar.

Itulah cara mengatasi komputer tidak mau booting yang dapat Anda lakukan. Jika Anda telah melakukan cara-cara yang ada, tetapi komputer masih tidak mau booting, coba reset bios komputer Anda. Jika setelah reset bios, komputer tetap tidak mau booting, silahkan Anda bawa komputer Anda ke tempat service komputer untuk segera diperbaiki. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook