Senin, 26 September 2016

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis - Mungkin Anda pernah mendengar tentang pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan sebutan Osteoporosis. Penyakit yang menyerang tulang ini terjadi karena kepadatan tulang berkurang, sehingga tulang menjadi rapuh dan dapat menimbulkan rasa nyeri pada tulang. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya osteoporosis seperti kurangnya asupan kalsium, pola hidup yang tidak sehat, kurang olah raga, dan lain sebagainya. Untuk itu berbagai upaya mencegah osteoporosis haruslah Anda lakukan.

Osteoporosis umumnya terjadi pada wanita, namun pria juga dapat mengalaminya. Untuk mencegah osteoporosis sejak dini, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan :

Penuhi kebutuhan Kalsium
Kalsium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium akan menyebabkan tulang mudah keropos dan bisa menyebabkan tulang mudah patah. Sebaiknya Anda selalu penuhi kebutuhan kalsium untuk tulang Anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, kacang kedelai, pisang, ikan salmon, dan lain sebagainya.

Penuhi kebutuhan vitamin D
Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan struktur tulang dan gigi. Kekurang vitamin D akan menyebabkan terjadinya osteoporosis. Untuk itu, sebaiknya Anda penuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh Anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti telur, udang, tahu, susu, kedelai, keju, dan lain sebagainya.

Menghindari makanan berlemak
Makan yang mengandung banyak lemak dapat menghambat penyerapan kalsium, sebab lemak memiliki sifat mengikat kalsium. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak lemak.

Menjaga berat badan yang ideal
Berat badan yang ideal harus selalu dijaga dengan baik, sebab berat badan yang terlalu berlebih (Obesitas) akan meudah terkena osteoporosis. Beban tubuh yang terlalu berlebihan akan menyebabkan tulang tidak mampu menahan beban lemak di dalam tubuh sehingga semakin lama kepadatan tulang akan semakin berkurang.

Waspada terhadap nyeri tulang
Jika Anda sering mengalami nyeri tulang, terutama dibagian tengkuk, tangan, punggung dan persendian area kaki, sebaiknya segera memeriksakan kondisi tulang Anda. Nyeri tulang bisa merupakan gejala bahwa Anda terkena osteoporosis.

Memeriksa kepadatan tulang
Selalu rajin memeriksa kondisi kepadatan tulang merupakan cara yang baik untuk mencegah terkena osteoporosis. Dengan selalu mememeriksa kondisi kepadatan tulang, maka Anda dapat mengetahui lebih awal bila terdapat pengapuran atau pengeroposan pada tulang Anda, dan segera dapat menanganinya agar tidak menjadi lebih parah.

Hindari terlalu sering meminum soft drink
Soft drink yang umumnya banyak mengandung soda tidak baik bila diminum terlalu sering dan berlebihan. Kandungan soda yang terdapat didalam soft drink dapat merusak lapisan tulang dan penyerapan kalsium kedalam tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh.

Melakukan olah raga jalan kaki atau jogging
Untuk menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah rapuh adalah dengan melakukan olah raga jalan kaki atau jogging secara rutin. Selain dapa menjaga kesehatan Anda, olah raga jalan kaki atau jogging juga dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan jalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari.

Itulah Cara Mencegah Osteoporosis yang dapat Anda lakukan. Dengan selalu menjaga kesehatan tulang Anda, maka Anda akan terhindar dari osteoporosis. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook