Senin, 11 Mei 2015

Cara Membuat Minuman Teh Yang Baik

Cara Membuat Minuman Teh Yang Baik - Teh (Camellia Sinensis) merupakan tanaman yang dapat diolah menjadi minuman. Minuman ini dihasilkan dari pengolahan daun tanaman teh yang telah dikeringkan, kemudian dicampur kedalam air panas atau melalui proses oksidasi. Teh memiliki berbagai macam jenis seperti teh hijau (green tea), teh hitam (black tea), teh putih (white tea), dll. Teh telah lama dipercaya mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat menikmati minuman teh dan merasakan khasiat dari minuman tersebut ?

Untuk mendapatkan kenikmatan dari minuman teh, tidak hanya sekedar mencampurkannya dengan air panas dan ditambah sedikit pemanis (gula) kemudian diminum begitu saja. Tetapi diperlukan cara yang tepat, agar aroma dan rasanya tetap terjaga. Berikut ini adalah cara membuat minuman teh yang dapat Anda lakukan :

1. Memperhatikan kualitas air
Air yang benar-benar bersih, bening, dan tidak berbau adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan, agar Anda dapat merasakan rasa teh yang sesungguhnya.

2. Memperhatikan suhu air
Untuk jenis teh tertentu seperti teh hijau, sebaiknya jangan gunakan air yang baru mendidih untuk menyeduhnya, karena akan menyebabkan kualitas teh tersebut menjadi rusak dan kenikmatan rasanya akan berkurang.

3. Mempersiapkan teko untuk teh
Sebelum Anda menyeduh teh, sebaiknya bersihkan teko teh dengan lebih dulu membilas dalam teko dengan air panas. Sebaiknya gunakan teko yang terbuat dari bahan keramik agar tidak mengurangi keaslian rasa teh yang akan Anda buat.

4. Menambahkan pemanis
Untuk mengurangi rasa pahit yang terdapat pada teh, sebaiknya Anda menambahkan pemanis atau gula, tetapi jangan menambahkan pemanis tersebut secara berlebihan agar rasa pahit teh tetap sedikit terasa.

5. Memperhatikan daun teh yang akan diseduh
Jangan menyeduh sisa daun teh yang telah digunakan secara berulang-ulang karena Anda tidak akan dapat lagi menikmati minuman teh tersebut. Jika Anda ingin tambah atau melanjutkan meminum teh, sebaiknya seduh daun teh yang baru.

Itulah beberapa cara membuat minuman teh yang baik. Menikmati minuman teh bersama teman-teman atau keluarga dapat menciptakan suasana yang penuh dengan keakraban. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook