Selasa, 15 Maret 2016

Cara Membuka Usaha Warnet

Cara Membuka Usaha Warnet - Warung Internet atau yang biasa disebut warnet adalah tempat yang menyediakan sarana bagi orang-orang yang membutuhkan koneksi internet. Walaupun saat ini telah banyak orang yang mengakses internet melalui gadget atau smartphone mereka, namun keberadaan warnet masih sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki komputer. Hampir setiap hari banyak orang yang mengunjungi warnet seperti untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah/kampus, untuk bisnis dan terutama bagi mereka yang suka bermain game online. Dengan begitu maka peluang usaha warnet masih cukup menjanjikan dan tidak perlu ragu-ragu lagi untuk menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Untuk memulai bisnis warnet maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan untuk usaha Anda, agar segala sesuatunya dapat berjalan seperti yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa tips membuka usaha warnet bagi pemula :

Persiapan membuka usaha warnet

1. Tentukan Lokasi
Pilih Lokasi yang ramai dan kebutuhan akan internet dilokasi tersebut cukup tinggi seperti didekat sekolah, kampus atau perkantoran. Lokasi juga harus mudah terlihat dan dapat dijangkau semua orang dari berbagai arah seperti berada dipinggir jalan besar atau lokasi yang terbuka.

2. Tempat usaha
Siapkan sebuah ruangan yang memadai untuk menempatkan segala peralatan yang dibutuhkan. Jadikan tempat usaha Anda senyaman mungkin seperti adanya alat pendingin udara (AC) dan pemisahan tempat pengguna seperti adanya bilik sebagai kebutuhan privasi pengunjung.

3. Peralatan pendukung
Siapkan beberapa unit komputer dengan kualitas yang baik dan tentunya memiliki spesifikasi yang tinggi dengan didukung ukuran monitor yang mencukupi (ukuran 22 inchi), headphone, mouse dan keyborad yang mudah dioperasikan, stabiliser, UPS dan lain sebagainya.

4. Jaringan Internet
Siapkan jaringan internet dengan koneksi yang cepat dan stabil. Sesuaikan dengan banyaknya komputer dan kebutuhan internet. Kecepatan dan stabilitas koneksi internet harus menjadi prioritas utama, aga para pengguna tidak merasa kecewa. terlebih lagi jika Anda menambahkan game online pada warnet Anda.

Menjalankan usaha warnet

1. Menyiapkan operator warnet
Siapkan operator warnet yang memiliki pengetahuan luas tentang komputer. Hal ini akan mempermudah dalam hal perawatan dan penanganan masalah yang bisa saja terjadi pada komputer warnet Anda, termasuk aplikasi atau shoftware pendukungnya.

2. Menentukan tarif pengguna
Tentukan  biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna warnet Anda. Berapa tarif per jam bagi pengguna internet yang hanya melakukan chating atau browsing, dan tarif per jam bagi pengguna game online. atau Anda dapat menggabungkan tarif untuk kedua pengguna tersebut.

3. Memperhatikan kebutuhan pengunjung
Selain membuat pengunjung merasa nyaman, Anda juga dapat menjual makanan dan minuman ringan sebagai pelengkap usaha warnet Anda. Hal itu dapat membuat pengunjung warnet betah berlama-lama dan akan kembali lagi ke warnet Anda. Namun dalam hal ini Anda harus membuat sebuah peraturan agar pengunjung tidak menempatkan minuman didekat komputer atau peralatan elektrik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah Cara Membuka Usaha Warnet yang dapat Anda lakukan. Yang harus menjadi perhatian Anda adalah jangan membuka usaha tersebut ditengah pemukiman padat penduduk, karena dapat menimbulkan suatu masalah seperti kesulitan membuka warnet 24 jam, penduduk sekitar yang menegur Anda karena merasa terganggu atau orang tua yang marah karena anak mereka menjadi lebih sering bermain game online. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook