Jumat, 05 Februari 2016

Cara Memulai Dan Membuka Usaha Laundry

Cara Memulai Dan Membuka Usaha Laundry - Kegiatan cuci mencuci pakaian kotor merupakan sebuah aktifitas yang rutin dilakukan oleh seseorang. Namun demikian, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk mencuci setiap pakaian mereka yang kotor. Hal itu dikarenakan waktu mereka yang tersita oleh urusan pekerjaan atau segala tugas yang membuat mereka lelah, sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk sekedar mencuci pakaian dan merapihkannya, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri di rumah-rumah sewa atau kos. Dengan melihat keadaan tersebut, maka bisnis membuka usaha laundry merupakan pilihan yang tepat.

Untuk memulai usaha laundry tidaklah terlalu sulit, yang penting Anda memiliki niat untuk melakukannya dan ditambah dengan sedikit pengetahuan seputar kegiatan mencuci seperti cara menghilangkan noda pada pakaian serta hal-hal yang terkait lainnya. Bagi Anda yang ingin membuka usaha laundry kiloan dan mengembangkannya, ikuti beberapa tips berikut ini :

Melakukan survey
Sebelum menjalankan usaha Anda, sebaiknya Anda melakukan survey ke beberapa tempat laundry yang terdekat dari lokasi usaha Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana Anda bisa bersaing dalam usaha ini seperti mengetahui berapa harga pasaran yang ada pada saat itu, pelayanan apa saja yang diberikan oleh pesaing Anda dan lain sebagainya. Jika Anda merasa malu untuk menanyakan segala sesuatunya secara langsung, cobalah bawa pakaian Anda untuk melakukan laundry di tempat tersebut. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang ingin Anda ketahui tanpa harus banyak bertanya.

Siapkan uang Anda
Uang merupakan modal awal usaha Anda yang akan digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha laundry Anda seperti mesin cuci, bahan yang diperlukan untuk mencuci, setrika, plastik pembungkus dan keperluan lainnya. Sebagai pemula, usahakan untuk membatasi pengeluaran uang Anda, misalnya untuk membeli mesin cuci cukup 2 unit saja, beli setrika biasa dan setrika uap, kebutuhan yang lain dibeli sesuai keperluan.

Siapkan tempat usaha
Tempat usaha juga meliputi lokasi dimana Anda akan membuka usaha. Jika dilokasi rumah Anda banyak terdapat tempat kos, rumah sewa, dekat sekolah atau kampus, maka gunakan rumah Anda sebagai tempat usaha. Jika tidak memungkinkan, maka siapkan uang tambahan untuk menyewa sebuah tempat, namun harus diperhitungkan secara cermat.

Siapkan tenaga kerja yang berpengalaman
Anda tentu tidak bisa menjalankan usaha hanya seorang diri. Anda membutuhkan orang lain yang akan membantu menyelesaikan bagian-bagian dari kegiatan yang ada seperti mencuci, menyetrika dan lain sebagainya, terutama dalam hal waktu penyelesaian pakaian-pakaian yang di laundry. Carilah tenaga kerja yang telah berpengalaman, agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, baik oleh Anda atau oleh konsumen Anda.

Menentukan harga
Dari survey yang sebelumnya telah Anda lakukan, tentu Anda telah mengetahui berapa harga perkilo yang harus dibayar oleh konsumen Anda. Untuk menetukan harga perkilo pakaian ditempat Anda, maka Anda dapat mengikuti harga pasaran yang ada. Jika Anda ingin menetapkannya lebih murah dari harga pasaran yang ada, sebaiknya menyiasatinya dengan memberikan diskon yang ditentukan dari banyaknya jumlah kilo pakaian yang di laundry. Jangan sekali-kali menurunkan harga jauh dari harga pasaran, karena hal tersebut merupakan tindakan yang tidak terpuji dan akan berdampak buruk bagi kelangsungan usaha Anda.

Setelah Anda melakukan semua hal tersebut diatas, selanjutnya mulailah dengan berdoa agar usaha yang Anda jalankan dapat terus berkembang. Berikan pelayanan pada konsumen Anda sebaik mungkin, jangan membuat pelanggan Anda mengalami kekecewaan akibat dari pelayanan yang kurang menyenangkan. Selesaikan semua masalah yang mungkin akan terjadi secara bijak.

Baca juga artikel : Memulai Usaha Warung Kopi

Itulah Cara Memulai Dan Membuka Usaha Laundry yang dapat Anda lakukan. Berkembangnya bisnis yang Anda jalani tergantung dari bagaimana Anda mengelolanya, dan kesabaran Anda dalam menjalaninya. Jangan pernah melakukan bisnis dengan maksud untuk mencoba-coba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook