Sabtu, 11 April 2015

Cara Memulai Usaha Bengkel Motor

Cara Memulai Usaha Bengkel Motor - Bengkel motor adalah sebuah tempat yang memiliki perlengkapan. peralatan dan tenaga ahli untuk melakukan perawatan atau perbaikan pada jenis kendaraan motor (sepeda motor). Keberadaan bengkel motor banyak ditemui di mana-mana, khususnya di daerah perkotaan. Manfaat dari bengkel tersebut adalah untuk mempermudah para pengguna sepeda motor dalam melakukan perawatan dan perbaikan pada kendaraannya. Penggunaan sepeda motor yang dilakukan secara rutin dalam waktu yang lama dan tidak terawat dengan baik akan menimbulkan kerusakan pada sepeda motor tersebut.

Banyaknya orang yang menggunakan sepeda motor, membuat bengkel motor banyak dicari. Oleh karena itu, bengkel motor dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan usaha yang sangat menguntungkan. Berikut ini cara memulai usaha bengkel motor yang dapat Anda lakukan :

Siapkan Modal
Pastikan bahwa Anda telah memiliki modal (uang) yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan bengkel Anda seperti sewa tempat, membeli peralatan, membeli perlengkapan/suku cadang, dan lain-lain. Selain modal dalam bentuk uang, sebaiknya Anda juga memiliki modal pengetahuan yang cukup tentang peralatan dan perlengkapan, termasuk harga dan dimana Anda membelinya untuk mendapatkan harga yang baik.

Lokasi dan tempat usaha
Carilah lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan raya, agar orang dapat mengenali keberadaan bengkel motor Anda. Tempat usaha juga perlu diperhatikan seperti luas lahan atau ruangan yang cukup agar memudahkan dalam menempatkan motor yang akan di service atau diperbaiki. Bayangkan jika bengkel Anda tidak memiliki lahan atau ruangan yang cukup, sehingga harus menggunakan trotoar untuk memperbaiki motor yang rusak. Tentu hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan, terutama pengguna jalan yang berlalu lalang di trotoar tersebut.

Peralatan dan suku cadang
Siapkan peralatan yang lengkap seperti kunci-kunci, obeng, dan lain sebagainya. Kelengkapan peralatan akan membuat pekerjaan perbaikan lebih mudah terhadap semua jenis sepeda motor. Sediakan suku cadang untuk mengganti yang rusak bila diperlukan, termasuk juga Oli. Dengan tersedianya peralatan yang lengkap dan suku cadang yang cukup, maka pekerjaan perbaikan atau service dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Tenaga ahli/Montir
Siapkan tenaga ahli/montir yang berpengalaman dan handal, agar dapat mengatasi segala persoalan kerusakan yang terjadi pada motor. Kerusakan pada motor bila ditangani oleh ahlinya, maka kerusakan tersebut dapat segera diperbaiki. Jangan menggunakan montir yang hanya sekedar bisa melakukan perbaikan atau service, karena bisa mendatangkan komplain dari para pengguna bengkel Anda.

Itulah beberapa Cara Memulai Usaha Bengkel Motor yang dapat Anda lakukan. Mulailah dari yang kecil dan lakukan managemen terbaik terhadap usaha bengkel motor Anda, agar bengkel Anda tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook