Sabtu, 19 Maret 2016

Cara Membuka Usaha Fotocopy

Cara Membuka Usaha Fotocopy - Selain keharusan memiliki modal yang mencukupi, memulai suatu usaha juga sangat membutuhkan keberanian untuk menjalaninya, Salah satunya adalah usaha dalam bidang jasa fotocopy. Banyak orang yang tidak berani memulai usaha fotocopy karena banyaknya persaingan. Jasa fotocopy merupakan sebuah usaha yang hingga sekarang masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal tersebut terkait dengan keperluan administrasi, dokumentasi, pemberkasan dan lain sebagainya. Dengan begitu maka prospek usaha fotocopy menjadi sangat menguntungkan, dan persaingan dalam usaha ini tidak perlu ditakuti, sebab persaingan tersebut justru akan memotivasi Anda untuk lebih meningkatkan mutu, kualitas dan pelayanan yang Anda lakukan.

Bagi Anda yang melihat peluang usaha foto copy sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan dan ingin menjalaninya, maka lakukan keinginan Anda tersebut tanpa ada rasa takut akan mengalami kegagalan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan :

Persiapan usaha fotocopy

1. Menyiapkan modal usaha
Modal untuk membuka fotocopy relatif, tergantung dari perlengkapan yang akan digunakan. Jika uang Anda cukup untuk membeli mesin fotocopy yang baru, maka itu akan lebih baik. Namun jika uang Anda tidak cukup untuk membeli mesin fotocopy yang baru, maka Anda dapat menyewanya. Jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan.

2. Menentukan lokasi usaha
Membuka usaha fotocopy tidak dapat dilakukan di sembarang tempat, apalagi jika lokasi itu jauh dari pusat keramaian. Untuk itu, Anda harus memilih lokasi yang tepat seperti dekat sekolah, kampus dan perkantoran, atau setidaknya berada dipinggir jalan raya agar mudah terlihat dan dapat dijangkau oleh semua orang.

3. Menyiapkan perlengkapan
Salah satu peralatan yang sangat vital adalah mesin fotocopy. Siapkan mesin fotocopy yang dapat menghasilkan kualitas fotocopy terbaik. Selain itu, siapkan juga perlengkapan yang lainnya seperti kertas, toner dan lainnya, yang semuanya tentu mendukung kualitas hasil fotocopy.

Menjalankan Usaha FotoCopy

1. Operator fotocopy
Jika Anda membutuhkan seseorang untuk menjadi operator mesin fotocopy, gunakan operator yang sudah berpengalaman dan mengerti tentang mesin fotocopy. Selain dapat memperlancar pekerjaan, perawatan mesin fotocopy juga akan lebih mudah dilakukan.

2. Harga jasa fotocopy
Berikan harga yang dapat bersaing dengan para pemilik usaha fotocopy yang lainnya. Harga tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah. Untung yang sedikit tidak menjadi masalah, yang penting dapat berjalan dengan lancar.

3. Kualitas fotocopy
Sekarang ini, banyak orang yang lebih mementingkan kualitas fotocopy daripada harga per lembar fotocopy. Untuk itu kualitas hasil fotocopy menjadi sesuatu yang penting untuk selalu dijaga agar para konsumen merasa puas, sehingga mereka akan kembali menggunakan jasa usaha fotocopy Anda. Jangan karena harga jasa fotocopy yang murah, kualitas hasil fotocopy tidak diperhatikan.

4. Pelayanan yang baik
Pelayanan terhadap konsumen harus menjadi perhatian khusus. Menggunakan tutur kata yang baik, murah senyum dan kecepatan dalam melayani setiap kebutuhan konsumen, yang semuanya tentu dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi konsumen Anda.

5. Usaha tambahan
Selain menyediakan jasa fotocopy, sebaiknya Anda juga melengkapi usaha fotocopy Anda dengan jenis lain seperti menyediakakan alat tulis kantor (ATK), jasa laminating, jasa print, jilid buku, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan bagi usaha Anda.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka usaha fotocopy yang akan menjadi bisnis Anda. Agar usaha Anda dapat terus bertahan dan berkembang, lakukan managemen usaha dengan baik dan jangan mudah menyerah. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook