Selasa, 23 Februari 2016

Cara Membuka Usaha Jasa Cuci Motor

Cara Membuka Usaha Jasa Cuci Motor - Banyak pilihan usaha yang dapat dilakukan oleh setiap orang sebagai sumber penghasilan yang dapat menunjang kebutuhan hidup, salah satunya adalah dengan membuka sebuah usaha jasa. Dalam melihat sebuah peluang usaha jasa, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah banyaknya orang yang akan menggunakan jasa tersebut. Melihat banyaknya pengguna sepeda motor yang semakin hari kian bertambah, maka usaha jasa pencucian motor merupakan sebuah peluang usaha yang dapat Anda manfaatkan. 

Bagi Anda yang melihat peluang usaha cuci motor sebagai sesuatu yang bisa diharapkan dan kemudian ingin menjalankannya, berikut ini cara sederhana yang bisa Anda lakukan :

Memulai Usaha Cuci Motor

1. Menyiapkan Lokasi Usaha
Dalam membuka usaha jasa cuci motor, lokasi sangat memegang peranan penting. Lokasi usaha Anda haruslah berada di tempat keramaian atau berada dipinggir jalan umum kendaraan, agar setiap orang mengetahui dan mudah mengunjungi tempat usaha Anda.

2. Menyiapkan Tempat Usaha
Setelah Anda menemukan lokasi yang strategis untuk usaha Anda, selanjut siapkan tempat usaha Anda. Sediakan lahan yang dapat menampung sedikitnya 3 unit motor yang akan dicuci, tempat meletakan peralatan, dan sedikit lahan untuk keperluan lainnya.

3. Menyiapkan Peralatan
Pengadaan peralatan untuk kebutuhan pencucian motor sebaiknya disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Sebagai permulaan, Anda cukup menyiapkan peralatan yang pokok-pokok saja seperti kompresor, selang, water gun, dan lain sebagainya.

4. Menyiapkan Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang akan mencuci motor sangat diperlukan agar memudahkan Anda dalam menangani motor-motor yang akan dicuci sehingga konsumen tidak terlalu lama menunggu. Siapkan tenaga kerja yang sudah berpengalaman, atau setidaknya mengerti bagaimana mencuci dan membersihkan motor yang baik.

Menjalankan Usaha Cuci Motor

1. Promosi
Pasang papan nama untuk usaha Anda agar orang dapat lebih mudah mengenali dan mengetahui keberadaan tempat cuci motor yang Anda jalankan. Pada hari-hari tertentu, Anda juga dapat memberikan diskon bagi para pelanggan yang telah beberapa kali mencuci motor di tempat Anda.

2. Menentukan Harga Cuci
Anda dapat menentukan harga cuci pada jenis motor yang berbeda, misalnya harga cuci untuk jenis motor bebek berbeda dari motor lainnya, mencuci + poles berbeda dengan tanpa poles, dll

3. Menyediakan Ruang Tunggu
Untuk kenyamanan bagi pelanggan Anda, sediakan ruang tunggu yang memadai. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menjual berbagai jenis makanan ringan dan minuman seperti kopi, teh dan lainnya, agar pelanggan Anda tidak merasa jenuh saat menunggu.

4. Managemen Usaha
Catat semua biaya pengeluaran dan pendapatan dari usaha Anda secara cermat dan teratur. Untuk gaji tenaga kerja pencuci motor, Anda dapat menggunakan sistem bagi hasil, misalnya tenaga kerja pencuci motor mendapatkan 40% dari harga cuci setiap motor dan Anda mendapatkan 60%.

Baca juga artikel : Cara Memulai Usaha Bengkel Motor

Itulah Cara Membuka Usaha Jasa Cuci Motor yang dapat Anda lakukan. Kemampuan seseorang dalam mengelola sebuah usaha menjadi kunci sukses usaha tersebut. Untuk itu, Anda harus mengelola usaha Anda dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook