Kamis, 11 Februari 2016

Cara Memulai Dan Menjalankan Bisnis Pakaian

Cara Memulai Dan Menjalankan Bisnis Pakaian - Setiap orang tentu memiliki suatu kebutuhan yang penting bagi kehidupannya sehari-hari. Selain makanan, kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya adalah pakaian. Pentingnya pakaian bagi setiap orang serta perkembangan model dari pakaian itu sendiri, membuat peluang usaha pakaian semakin besar dan banyak diminati para pelaku bisnis. Seperti cara memulai bisnis pada umumnya, maka memulai usaha pakaian juga harus diawali dengan niat serta perencanaan yang baik. Anda juga tidak perlu takut dalam menghadapi persaingan yang ada, karena sesungguhnya hal itu dapat menjadi motivasi tersendiri untuk Anda, dimana persaingan itu akan mendorong Anda untuk selalu meningkatkan pelayanan yang Anda berikan, serta menjaga kualitas barang dagangan Anda.

Untuk memulai bisnis pakaian maka hal pertama yang harus Anda miliki adalah pengetahuan tentang pakaian itu sendiri seperti kualitas bahan yang digunakan dan lain sebagainya. Selain itu, mental bisnis yang Anda miliki juga menjadi faktor penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Bagi Anda yang ingin membuka dan menjalankan bisnis ini sebagai sumber penghasilan, berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan :

Persiapan membuka usaha pakaian

1. Menentukan jenis pakaian yang akan dijual
Tentukan jenis pakaian yang ingin Anda jual, apakah Anda ingin menjual berbagai jenis pakaian atau jenis pakaian tertentu saja seperti pakaian khusus anak-anak, pakaian khusus bayi, busana muslim, baju batik, atau jenis lainnya.

2. Menentukan sumber pakaian
Tentukan darimana Anda mendapatkan pakaian-pakaian yang akan Anda jual. Apakah Anda mendapatkannya dari supplier pakaian, membelinya dipusat grosir atau membuatnya sendiri.

3. Menentukan sistem penjualan
Tentukan bagaimana cara Anda menjual pakaian. Apakah Anda ingin menjualnya dengan cara offline seperti menjual pakaian dipasar dengan menempatkannya didalam toko, atau Anda ingin menjualnya secara online dengan cara membuat website toko online secara khusus. Anda juga dapat menggabungkan kedua cara tersebut.

Menjalankan usaha pakaian

1. Siapkan uang Anda
Siapkan uang Anda untuk membeli segala kebutuhan usaha Anda seperti membeli pakaian yang akan Anda jual atau membeli bahan pakaian jika Anda ingin membuatnya sendiri, dan segala kebutuhan yang lainnya, baik yang sudah tercatat maupun yang tidak tercatat.

2. Menyiapkan tempat usaha
Tempat usaha juga meliputi lokasi dimana Anda ingin membuka usaha. Tempat usaha yang baik untuk menjual pakaian adalah di lokasi yang ramai dan sering dikunjungi orang seperti dipasar atau pusat keramaian lainnya.

3. Merekrut pegawai
Keberadaan pegawai sangat diperlukan untuk membantu pelayanan, terutama jika Anda membuka toko untuk usaha pakaian Anda. Carilah pegawai yang berpenampilan menarik dan pandai berkomunikasi agar para pengunjung merasa senang dan puas terhadap pelayanan ditempat usaha Anda, sehingga mereka akan berkunjung kembali di lain waktu.

Menarik minat pembeli pakaian

1. Melakukan promosi
Promosi dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui berbagai media social seperti facebook, twitter dan media-media yang lainnya. Dengan cara tersebut, maka orang akan mudah mengenali tempat usaha Anda dan pakaian yang Anda tawarkan.

2. Memberikan potongan harga
Memberikan potongan harga atau diskon pada momen-momen tertentu dapat menarik minat para pembeli untuk datang berkunjung ke tempat usaha pakaian Anda. Selain memberikan diskon pada momen tertentu, Anda juga bisa memberikan diskon dari jumlah pakaian yang dibeli oleh pelanggan Anda, misalnya membeli 2 akan mendapatkan diskon 10% dan seterusnya.

3. Mengikuti perkembangan model pakaian
Jika Anda selalu menyiapkan model terbaru dari setiap pakaian yang Anda jual, maka tentunya tempat usaha pakaian Anda akan selalu ramai dikunjungi orang yang akan membelinya. Jadi pastikan bahwa Anda selalu mengikuti dan mengetahui model pakaian yang sedang tren.

Baca juga artikel : Cara Memulai Bisnis Online

Itulah Cara Memulai Dan Menjalankan Bisnis Pakaian yang dapat Anda lakukan. Dengan perencanaan yang terperinci serta managemen yang tepat, maka bisnis yang Anda lakukan akan mudah berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook