Selasa, 28 April 2015

Cara Merawat Motor Matic

Cara Merawat Motor Matic - Motor matic adalah jenis kendaraan yang dapat melaju secara otomatis tanpa memerlukan transmisi perpindahan gigi. Hal tersebut karena didukung oleh sebuah sistem yang disebut Continue Variable Transmission (CVT). CVT adalah sebuah sistem perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin. Sistem ini hanya menggunakan 2 buah pulley (depan dan belakang) yang dihubungkan oleh sabuk / V-Belt. Pengendara motor matic hanya perlu mengatur penggunaan gas untuk menambah atau mengurangi kecepatan laju motor.

Seperti pada jenis kendaraan lainnya, motor matic juga memerlukan perawatan untuk menjaga performa agar tetap baik. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat motor matic Anda :

1. Dianjurkan untuk selalu memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Biarkan mesin menyala selama kurang lebih 5-10 menit.

2. Ganti oli mesin secara berkala setiap 1.000 km, ganti oli transmisi motor maksimal 5.000 km.

motor matic

3. Lakukan pemeriksaan kondisi v-belt dan roller secara rutin, jika sudah tidak layak pakai sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

4. Bersihkan ruang transmisi secara berkala setiap 4000 km, karena diruang tersebut terdapat beberapa komponen yang rentan kotoran.

5. Atur kecepatan laju motor saat digunakan. Jangan sering mengubah kecepatan laju motor secara tiba-tiba, karena hal tersebut dapat merusak mesin.

6. Ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10.000 km.

7. Usahakan tangki bensin selalu terisi, minimal setengah dari kapasitas tangki.

8. Apabila melakukan penggantian sparepart, gunakan selalu yang original.

Itulah beberapa Cara Merawat Motor Matic yang dapat Anda lakukan. Jika terjadi kerusakan yang serius pada motor Anda, sebaiknya bawa ke bengkel resmi motor tersebut untuk dilakukan pemeriksaan dan kemudian diperbaiki. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook