Jumat, 01 Mei 2015

Cara Melindungi Akun Email Gmail

Cara Melindungi Akun Email Gmail - Memiliki sebuah email sudah menjadi sesuatu yang wajib bagi mereka yang ingin memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai aktifitas seperti bisnis online, chatting, blogging, dll. Email merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang agar dapat mengikuti sebuah program atau media online. Seperti barang berharga milik Anda yang lainnya, email juga harus dijaga keberadaannya agar akun email gmail yang Anda miliki tidak mudah dicuri oleh orang lain dan digunakan untuk melakukan tindak kejahatan.

Jika Anda memiliki akun email gmail dan ingin melindunginya agar tidah mudah dicuri oleh orang lain, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi akun email gmail Anda :

1. Membuat password yang kuat
Umumnya seseorang akan membuat sebuah password yang singkat agar mudah diingat seperti tanggal lahir. Namun hal tersebut justru akan membuat orang lain dapat dengan mudah menebak atau mengetahui password email Anda. Buatlah password yang kuat, yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka, jangan membuat password yang terlalu singkat.

2. Menggunakan verifikasi dua langkah
Google telah menyediakan layanan keamanan untuk melindungi akun email Gmail Anda dengan cara verifikasi dua langkah. Dalam hal ini Anda akan menerima SMS di handphone Anda yang berisi kode verifikasi google untuk melanjutkan masuk ke email, jadi bila orang lain telah mengetahui password email Anda, orang tersebut akan kesulitan untuk dapat melanjutkan masuk ke email, karena memerlukan kode verifikasi tersebut. Caranya : Login ke email Gmail Anda, klik gambar/foto Anda di pojok kanan atas kemudian pilih akun, setelah masuk ke setelan akun, klik "Keamanan", pilih aktifkan Setelan verifikasi 2 langkah, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

3. Mengunakan opsi pemulihan sandi
Opsi pemulihan sandi akan membantu mengembalikan password email jika Anda lupa atau kehilangan password. Cara untuk mengaktifkannya : Login ke email Anda, klik gambar roda gigi, kemudian pilih setelan, setelah berada didalam setelan pilih "Akun dan Impor", cari "Ubah setelan akun" kemudian klik "Ubah opsi pemulihan sandi", dan ikuti petunjuk selanjutnya.

4. Menyembunyikan email
Apabila Anda senang berinteraksi atau berkomunikasi melalui berbagai media social seperti facebook, sebaiknya setting pengaturan kontak Anda agar tidak menampilkan email ke publik.

Itulah Cara Melindungi Akun Email Gmail yang dapat Anda lakukan. Lindungi akun email Gmail Anda dari tindak pencurian yang akan dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook