Jumat, 07 Juli 2017

Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Motor

Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Motor - Memiliki motor baru memang sangat menyenangkan. Betapa tidak, hampir setiap saat motor tersebut dipandangi dan selalu dilap untuk menjaga bodinya agar tetap mengkilap. Seiring perjalanan waktu, mulailah timbul masalah pada motor tersebut. Salah satu masalah yang sangat mengganggu perasaan adalah adanya goresan pada bodi motor atau baret. Selain tidak menyenangkan dipandang mata, goresan yang ada pada bodi tentu akan membuat penampilan motor menjadi tidak maksimal.

Untuk menghilangkan baret pada bodi motor dapat dilakukan dengan mudah, tapi sebelumnya Anda harus mengetahui jenis goresan yang mengenai bodi motor. Jika terjadi goresan ringan yaitu goresan yang tidak merusak dasar cat dan hanya merusak warna cat saja, maka dapat dihilangkan dengan mudah. Namun jika terjadi goresan dalam yaitu goresan yang kedalamannya mencapai lapisan dasar, maka diperlukan perlakuan khusus. Berikut ini beberapa langkah menghilangkan goresan pada bodi motor yang bisa Anda lakukan :

  • Cuci atau bersihkan bodi motor yang tergores dengan air hingga bersih.
  • Gosok bagian yang tergores secara hati-hati dengan menggunakan amplas halus yang telah dibasahi dengan air hingga goresan tidak tampak lagi. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih kemudian keringkan. Gunakan amplas yang paling halus.
  • Pada bagian yang telah diamplas, oleskan tipis-tipis kompound halus secara merata. Selanjutnya gosok dengan kain lembut hingga bekas amplas menghilang, setelah itu bersihkan sisa kompound dengan air bersih kemudian keringkan.
  • Setelah dipastikan bersih dari sisa kompound, selanjutnya lakukan pemolesan dengan menggunakan bahan poles seperti KIT atau yang lainnya. Semprotkan KIT secara merata kemudian gosok dengan cara memutar menggunakan kain lembut.
  • Selesai, periksa kembali kondisi bodi motor dan pastikan goresannya telah hilang.

Untuk goresan ringan atau goresan yang belum menembus cat, tidak perlu digosok dengan amplas. Untuk goresan ringan, Anda juga dapat menggunakan penghilang goresan pada bodi sejenis spidol seperti Fix It Pro Pen yang dapat Anda beli dipasaran. Fix It Pro Pen juga dapat digunakan untuk bodi mobil, sepeda, bahan besi dan plastik, berikut ini cara menggunakannya :

- Bersihkan bagian bodi yang tergores dengan kain basah, kemudian keringkan dengan kain kering yang lembut. Pastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel.
- Tuliskan spidol (cairan Fix It Pro) pada bagian goresan dengan cara menekan spidol. Lakukan secara searah bolak-balik sampai goresan terlihat samar.
- Setelah selesai, lap dengan kain kering yang lembut tanpa ditekan agar cairan tidak hilang.
- Selanjutnya jemur dibawah sinar matahari agar cairan meresap dan mengering.

Itulah Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Motor yang dapat Anda lakukan. Untuk melindungi bodi motor dari goresan, dapat Anda lakukan dengan cara memasang stiker pada seluruh bodi motor Anda atau pada bagian bodi yang rawan terbentur. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook