Selasa, 11 Juli 2017

Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar - Rantai pada motor merupakan salah satu elemen penting, yang keberadaannya memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Salah satu cara merawat rantai motor agar awet adalah dengan memperhatikan kebersihannya. Rantai yang dibiarkan kotor dalam waktu yang lama dapat membuat rantai tidak dapat bekerja secara maksimal dan akibatnya selain akan menurunkan performa motor Anda, rantai juga dapat terlepas dari gear atau putus, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan bagi pengendaraannya.

Posisi rantai yang berada dibawah dan berdekatan dengan roda membuatnya mudah terkena kotoran. Tidak hanya itu saja, kondisi rantai yang selalu basah dengan pelumas, oli atau gemuk, semakin membuat debu atau pasir mudah menempel dan rantai menjadi kotor. Selain menganggu akselerasi motor, rantai yang kotor juga akan mempengaruhi penampilan sepeda motor Anda. Untuk membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah membersihkan rantai motor yang dapat Anda lakukan :

1. Untuk mempermudah proses membersihkan rantai motor Anda, lepas semua benda-benda yang menghalangi seperti tutup rantai dan tutup gear sehingga tidak ada lagi yang menghalangi kegiatan yang Anda lakukan saat membersihkan rantai.

2. Selanjutnya bersihkan rantai motor Anda dari kotoran dan pelumas yang menempel. Basahi rantai dengan menggunakan air sabun. Untuk melunturkan sisa pelumas, kotoran dan karat, Anda juga dapat menyemprotkan penetran  atau cairan WD 40.

3. Bersihkan rantai dengan cara disikat menggunakan sikat gigi atau kuas untuk menghilangkan semua kotoran yang ada dan rantai menjadi benar-benar bersih. Setelah itu keringkan rantai menggunakan kain bersih.

4. Setelah rantai benar-benar bersih dan kering, selanjutnya semprotkan pelumas khusus rantai (Chain Lube) secara merata.

5. Pasang kembali penutup rantai atau benda-benda yang sebelumnya dilepas, selanjutnya proses pembersihan rantai telah selesai dan motor kembali siap digunakan.

Jangan membersihkan rantai dengan menggunakan bensin atau solar, karena karet roller pada rantai dapat menjadi melar sehingga dapat menyebabkan rantai mudah kendur. Sebelum menggunakan sepeda motor Anda, periksa kembali kondisi rantai. Periksa ketegangan rantai dan perhatikan juga kondisi gear. Pastikan keduanya dalam kondisi baik.

Demikian Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar agar fungsi dan kegunaannya tetap terus terjaga dengan baik. Jaga selalu kebersihan rantai motor Anda, jangan biarkan kotoran menempel di rantai motor Anda terlalu lama. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook