Jumat, 21 April 2017

Cara Mengatasi Motor Yang Susah hidup

Cara Mengatasi Motor Yang Susah hidup - Mungkin saat ini Anda sedang menghadapi sebuah masalah pada sepeda motor Anda yaitu motor susah untuk dihidupkan, terutama pada pagi hari. Masalah yang sedang Anda hadapi merupakan masalah umum yang sering terjadi pada sepeda motor, terutama pada sepeda motor yang kurang perawatan atau yang telah berusia tua. Bagi Anda yang telah memahami penyebab dari masalah tersebut, maka dapat dengan mudah mengatasinya. Namun bagi yang belum memahami penyebab motor susah hidup, tentunya akan merasa kesulitan dan bingung, bagaimana cara memperbaikinya.

Sebenarnya untuk memperbaiki motor susah hidup sangat mudah sekali, Anda hanya perlu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Namun jika Anda ingin mencoba mengatasinya sendiri dan tentunya menghemat biaya yang harus Anda keluarkan untuk perbaikan, berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi motor susah dihidupkan yang harus Anda lakukan :

1. Periksa Kondisi Busi
Lakukan pemeriksaan pada bagian pengapian, terutama pada busi. Busi sangat memegang peranan penting untuk pengapian, jika api yang dikeluarkan busi tidak optimal, maka akan menganggu proses pengapian sehingga motor akan sulit dihidupkan. Untuk itu jika busi sudah tidak layak pakai, maka Anda harus segera menggantinya. Jika busi terlihat kotor, Anda harus membersihkannya. Untuk membersihkan busi, silahkan baca artikel Cara Membersihkan Busi Dengan Benar yang ada di blog ini. Selain busi, lakukan juga pemeriksaan terhadap komponen pengapian lainnya seperti Koil, CDI, Spul serta kabel-kabel khusus pengapian. Jika pada bagian pengapian tidak ada masalah, maka lakukan pemeriksaan pada saluran bensin ke karburator.

2. Periksa Saluran Bensin ke Karburator
Lakukan pemeriksaan pada bagian yang berhubungan dengan pembakaran seperti saluran bensin ke karburator. Jika bensin yang mengalir ke karburator terganggu, maka kemungkinan ada kotoran yang menyumbat. Coba buka selang vakum kemudian bersihkan dengan menggunakan kawat kecil untuk mengangkat kotoran yang ada atau dengan cara ditiup-tiup agar kotoran keluar. Jika aliran bensin yang mengalir ke karburator lancar, selanjutnya periksa karburator. Mungkin karburator motor Anda kemasukan air atau jarum spuyernya tersumbat, selanjutnya lakukan service karburator. Jika selang vakum dan karburator tidak ada masalah, maka lakukan pemeriksaan pada bagian kompresi.

3. Periksa Kompresi
Untuk melakukan pemeriksaan pada bagian kompresi, silahkan buka busi motor Anda, selanjutnya coba tutup lubang tempat busi dengan menggunakan jari telunjuk kemudian starter atau kick starter motor Anda. Jika terasa ada tendangan kompresi yang kuat, maka pada bagian ini tidak bermasalah. Namun jika tendangan kompresi dirasakan lemah, maka hal itu menandakan ada salah satu bagian komponen dalam yang rusak. Biasanya hal ini disebabkan oleh stelan klep, klep bocor, atau piston ring yang lemah.

Bila dari ketiga langkah diatas belum mampu mengatasi masalah motor Anda yang susah dihidupkan, maka sebaiknya motor Anda dibawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan selanjutnya dilakukan perbaikan.

Itulah Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup yang bisa Anda lakukan. Untuk perawatan atau service motor, jangan dilakukan di sembarang bengkel. Bawalah selalu motor Anda ke bengkel resmi yang sesuai dengan merk motor Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook