Kamis, 31 Oktober 2019

Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Android

Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Android - Virus yang berada di dalam sebuah perangkat android bisa menjadi masalah yang serius. Selain mengganggu kegiatan pengguna, virus juga dapat membuat kinerja perangkat menjadi lambat dan sering hang. Salah satu virus yang sering muncul diperangkat android adalah virus iklan atau adware. Virus iklan biasanya masuk ke sebuah perangkat atau smartphone melalui sebuah aplikasi tertentu yang di install penggunanya.

Iklan yang ada di smartphone android merupakan sesuatu yang umum, biasanya iklan tersebut muncul melalui sebuah aplikasi gratis yang di install pengguna smartphone dan sebagian lagi merupakan bawaan samrtphone itu sendiri. Namun jika sebuah iklan muncul secara terus menerus dan kinerja smartphone terasa semakin menurun, maka sudah bisa dipastikan bahwa smartphone telah terserang virus iklan atau adware. Berikut ini cara mengatasi virus iklan di android Anda :


Uninstall Aplikasi Yang Mencurigakan
Ketika sebuah iklan sering muncul di smartphone milik Anda setelah Anda menginstall sebuah aplikasi, maka kemungkinan virus iklan tersebut berasal dari aplikasi yang baru saja Anda install. Untuk mengatasinya adalah dengan mencopot atau uninstall aplikasi tersebut.

Install Antivirus
Untuk mencegah atau menghapus berbagai virus android yang mengganggu termasuk virus iklan, maka Anda dapat install sebuah antivirus ke dalam smartphone Anda. Setelah aplikasi antivirus terinstall, lakukan scan. Jika ditemukan virus segera Anda hapus. Unduh aplikasi antivirus dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store dan lainnya.

Install Anti Adware
Untuk mengetahui sumber dan menghapus pop up iklan yang muncul di smartphone Anda, maka Anda dapat menginstall anti adware di smartphone Anda. Setelah aplikasi anti adware terinstall, lakukan scan. Jika ditemukan sumber virus iklan segera Anda hapus. Unduh aplikasi adware dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store dan lainnya.

Install Addon Detector
Addon detector merupakan salah satu aplikasi yang akan membantu Anda menemukan dan menghapus addon dari sebuah aplikasi yang terpasang pada smartphone. Pada aplikasi tertentu seperti aplikasi game biasanya memiliki addon untuk menampilkan iklan. Dengan adanya addon detector, maka addon yang menampilkan iklan pada aplikasi dapat Anda hapus. Unduh aplikasi addon detector dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store dan lainnya.

Factory Reset
Jika Anda sudah melakukan berbagai cara seperti uninstall aplikasi yang dicurigai, melakukan scan dengan antivirus maupun anti adware tetapi masih juga belum bisa mengatasi virus iklan yang mengganggu, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan factory reset. Dengan factory reset, maka smartphone Anda akan kembali baru seperti saat pertama kali Anda membelinya.


Itulah Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Android yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan cara-cara yang ada, virus iklan akan hilang dari smartphone Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook