Selasa, 16 Juni 2015

Cara Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak

Cara Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak - Mengompol adalah hal yang biasa terjadi pada anak balita, terutama saat tidur malam. Penyebab ngompol bermacam-macam seperti adanya infeksi pada saluran kencing, terdapat masalah pada kandung kemih, belum terbiasa ke toilet sendiri atau takut pergi ke toilet sendiri, dan lain sebagainya. Kebiasaan mengompol juga dapat terjadi pada anak usia 6-7 tahun. Umumnya kebiasaan mengompol akan berhenti setelah usia anak 7 tahun. Kebiasaan ngompol pada anak harus segera diatasi, agar anak tidak menjadi pemalu atau minder.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebiasaan mengompol pada anak, salah satunya dengan menggunakan ramuan dari bahan-bahan alami. Berikut ini cara mengatasi kebiasaan mengompol pada anak dengan menggunakan ramuan bahan alami :

1. Menggunakan Buah Jamblang
Siapkan 8 buah jamblang dan garam secukupnya. Bungkus biji buah jamblang dan garam tersebut dengan daun pisang, lalu kukus sampai airnya mendidih. Berikan buah jamblang tersebut pada anak saat menjelang tidur.

2. Menggunakan Adas Pulasari
Siapkan 4 buah adas pulasari, 7 buah jamblang (potong kecil-kecil), dan sepotong gula jawa. Rebus ketiga bahan tersebut dengan dua cangkir air hingga mendidih. Setelah dingin, berikan pada anak menjelang tidur sebanyak setengah cangkir. Lakukan secara rutin selama 3-4 hari secara berturut-turut.

3. Menggunakan Tulang Cumi
Siapkan 10 gram tulang cumi dan 5 butir ginkgo biloba (ambil isinya). Sangrai kedua bahan tersebut secara terpisah dengan air garam. Tambahkan dengan 2 buah cengkeh, 1/2 jari kayu manis dan 5 buah angco (kurma tiongkok). Rebus semua bahan-bahan tersebut kedalam 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Minumkan air rebusan tersebut pada anak saat hangat-hangat kuku.

4. Menggunakan Rosa Multifona Thumb
Siapkan 30 gram akar tumbuhan rosa multifona tuhmb (chiang wui), dimasak dengan daging sapi has sampai dagingnya matang. Minumkan air rebusannya pada anak dan dagingnya untuk dimakan.

5. Menggunakan Biji Kucai
Siapkan 10 gram biji kucai dan 5 butir ginkgo biloba (ambil isinya dan sangrai dengan air garam hingga kekuningan). Rebus kedua bahan tersebut kedalam 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Minumkan air rebusan tersebut pada anak saat hangat-hangat kuku.

6. Menggunakan Telur Ayam Kampung
Siapkan 1 butir telur ayam kampung. Lubangi salah satu ujung telur tersebut, kemudian masukan 7 butir ladam kedalam telur itu. Tutup lubang telur lalu rebus sampai matang dan berikan pada anak.

Baca juga artikel : Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Itulah cara mengatasi kebiasaan mengompol pada anak dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika kebiasaan mengompol tidak dapat diatasi dengan cara-cara tersebut, sebaiknya bawa  anak Anda ke dokter spesialis untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook