Kamis, 14 November 2019

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal - Kadar gula darah adalah tingkatan zat gula atau glukosa di dalam darah. Kadar gula darah akan selalu berubah tergantung dari situasi dan kondisi pada saat tertentu, biasanya pada saat sebelum makan dan sesudah makan. Kadar gula dipengaruhi oleh asupan nutris dari makanan atau minuman, terutama yang mengandung karbohidrat tinggi. Kadar gula normal sebelum makan sekitar 70-130 mg/dL dua jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL dalam kondisi puasa (setidaknya 8 jam) kurang dari 100 mg/dL dan menjelang tidur sekitar 100-140 md/dL. Kadar gula yang terlalu rendah atau terlalu tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan dan tentunya akan mengganggu aktifitas keseharian Anda.

Kadar gula darah rendah akan menyebabkan tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga, keluar keringat dingin, kulit pucat, mudah lapar, jantung berdebar, gelisah dan jika terlalu rendah  akan menyebabkan sulit berkonsentrasi, bicara melantur, mudah marah. Sedangkan kadar gula darah tinggi akan menyebabkan badan terasa lelah, sering merasa haus, sering buang air kecil, nafsu makan meningkat, bobot badan berkurang dan jika terlalu tinggi akan menyebabkan penglihatan kabur, kulit kering memerah dan terasa panas, pusing, sering infeksi gigi, dan merasa sangat haus.

Untuk menghindari dampak buruk dari kadar gula rendah atau tinggi, maka Anda harus menjaga kadar gula darah tetap normal. Berikut tips menjaga kadar gula darah agar tetap normal :


Rutin Berolahraga
Dengan rutin berolahraga, maka akan membantu sel-sel otot mengubah glukosa menjadi energi sehingga gula darah akan tetap stabil dan normal. Lakukan olahraga setidaknya 2,5 jam per minggu secara teratur, namun jangan berlebihan dalan melakukan olahraga karena bisa menyebabkan gula darah turun secara drastis sehingga menyebabkan badan cepat terasa lelah.

Makan Tepat Waktu
Jaga selalu waktu makan Anda, terutama jangan melewatkan sarapan. Hal ini untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan pada jam-jam berikutnya, yang dampaknya akan membuat Anda cendrung makan secara berlebihan sehingga membuat kadar gula darah Anda naik. Batasi juga mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.


Menghindari Stres
Stres dapat membuat kadar gula darah Anda meningkat, untuk itu sebaiknya segera atasi stres yang sedang Anda rasakan dengan melakukan hal-hal yang mampu membuat Anda lebih tenang seperti keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan ke taman dan hal lainnya.


Itulah Cara Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal yang bisa Anda lakukan. Segera konsultasikan dengan Dokter jika Anda mengalami gangguan gula darah. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook