Senin, 27 Februari 2017

Cara Mengecat Ulang Dinding Rumah Yang Benar

Cara Mengecat Ulang Dinding Rumah Yang Benar - Cat memiliki peranan yang sangat penting bagi keindahan suatu bangunan atau rumah. Selain mempercantik penampilan sebuah rumah, cat juga befungsi untuk melindungi dinding rumah dari pengaruh cuaca yang dapat merusak dinding, mencegah tumbuhnya lumut dan jamur. Namun seiring perjalanan waktu, warna cat dinding dapat menjadi pudar atau bahkan mengalami kerusakan. Warna cat dinding yang memudar atau mengalami kerusakan, tentunya akan mempengaruhi keindahan rumah Anda. Cara untuk mengatasi semua itu adalah dengan melakukan pengecatan ulang.

Mengecat ulang dinding rumah tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, maka kondisi cat pada dinding harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengecat ulang dinding rumah :

Kondisi Cat Dinding Normal

Kondisi cat dinding normal yaitu cat pada dinding masih melekat kuat, namun hanya terlihat kusam karena banyaknya kotoran yang melekat serta warnanya yang memudar dimakan waktu.

1. Pastikan bahwa dinding rumah Anda dalam kondisi kering, sebab jika kondisi dinding basah maka hasil pengecatan menjadi tidak sempurna.

2. Bersihkan cat dinding dari kotoran dan debu yang melekat. Gunakan amplas halus untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat, setelah itu bersihkan dengan kain lap kering.

3. Setelah memastikan dinding telah bersih dari debu dan kotoran, selanjutnya lakukan pengecatan awal sebagai dasar, dan biarkan hingga seluruh permukaan cat mengering.

4. Selanjutnya ulangi pengecatan beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Untuk hasil yang sempurna, jangan menggunakan cat yang terlalu kental atau terlalu encer.

Kondisi Cat Dinding Rusak

Kondisi cat dinding rusak yaitu cat pada dinding mengelupas, cat dinding bergelembung, ditumbuhi lumut, berkapur dan berjamur.

1. Bersihkan permukaan dinding dari lumut dan jamur. Kupas semua area cat yang mengelupas dan bergelembung. Gunakan sekrap atau kape untuk mengelupas cat dinding.

2. Gosok  seluruh permukaan dinding dan area cat yang telah terkelupas dengan menggunakan amplas halus secara merata. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan kain lap kering.

3. Pastikan bahwa dinding telah bersih dari debu dan kotoran, kemudian dempul seluruh area cat dinding yang dikupas secara merata dan biarkan hingga mengering (minimal 24 jam).

4. Setelah memastikan dempul telah mengering, gosok dengan amplas halus hingga permukaan menjadi rata dan halus. Setelah itu bersihkan seluruh permukaan dinding dengan kain lap kering.

5. Setelah seluruh permukaan bersih, lakukan pengecatan dasar. Biarkan untuk beberapa lama hingga cat mengering, setelah itu ulangi beberapa kali pengecatan hingga hasilnya maksimal.

6. Untuk hasil yang sempurna, jangan menggunakan cat yang terlalu kental atau terlalu encer.

Itulah Cara Mengacat Ulang Dinding Rumah Yang Benar agar dinding rumah Anda tetap terlihat indah. Warna cat yang telah memudar atau rusak akan berpengaruh terhadap keindahan rumah dan akan menganggu kenyamanan ruangan rumah Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook