Rabu, 05 April 2017

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Mobil - Pada umumnya dalam transaksi jual beli kendaraan, baik motor maupun mobil, yang dibutuhkan hanyalah kelengkapan surat-surat penting kendaraan tersebut. Namun untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka perlu dibuatkan surat perjanjian jual beli kendaraan. Surat perjanjian ini sebagai alat bukti apabila di kemudian hari timbul perselisihan antara penjual dan pembeli.

Ada banyak model surat perjanjian jual beli mobil yang bisa Anda gunakan. Bagi Anda yang ingin membeli sebuah mobil dan memerlukan sebuah surat perjanjian jual beli, berikut ini salah satu contoh surat perjanjian jual beli mobil yang bisa Anda buat :

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Pada hari Senin, tanggal 04 April 2017, yang bertanda tangan dibawah ini :

N a m a                : Budi Santoso
Tempat/Tgl.Lahir  : Jakarta, 27 Oktober 1975
Pekerjaan             : Swasta
Alamat                  : Jl.Masjid RT. 999 RW. 999 No.99, Condet, Jakarta Timur

Bertindak atas nama diri sendiri yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA (Penjual)

N a m a                 : Toni Waluyo
Tempat/Tgl.Lahir   : Jakarta, 22 Juni 1980
Pekerjaan              : Pedagang
Alamat                   : Jl.Kaleng RT. 123 RW. 234 No.55, Pasar Rebo, Jakarta Timur

Bertindak atas nama diri sendiri yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA (Pembeli)

Kedua belah pihak menyatakan telah sepakat untuk mengadakan jual beli mobil dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan dibawah ini :

Pasal 1
PIHAK PERTAMA dengan ini menyatakan telah menjual kepada PIHAK KEDUA berupa : 1 unit mobil Honda Jazz warna Putih atas nama Budi Santoso, No.Pol B 3333 DM, tahun 2016 beserta surat-surat kendaraan lengkap.

Pasal 2
PIHAK KEDUA telah menyerahkan uang sebesar Rp.200.000.000,- (duaratus juta rupiah) untuk pembelian mobil tersebut secara tunai saat penandatangan surat perjanjian ini, dan PIHAK PERTAMA menyatakan telah menerima uang pembayaran tersebut secara tunai.

Pasal 3
PIHAK PERTAMA menyatakan bahwa dirinya adalah pemilik mobil yang sah dan mobil tersebuit tidak dalam sengketa atau sedang dijadikan sebagai jaminan.

Pasal 4
Apabila suatu saat terjadi perselisihan, maka kedua belah pihak akan menyelesaikannya secara musyawarah. Dan apabila dengan musyawarah tidak dapat menyelesaikan perselisihan, maka kedua belah pihak sepakat untuk menggunakan jalur hukum yang resmi.

Pasal 5
Surat Perjanjian ini dibuat dalam dua rangkap dan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp.6.000,- (enam ribu rupiah) yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Demikian Surat Pejanjian ini dibuat, disetujui dan ditandatangani dengan kesadaran dari kedua belah pihak tanpa adanya tekanan atau paksaan dari pihak manapun.

                Pihak Pertama                                                                        Pihak Kedua


                 Budi Santoso                                                                          Toni Waluyo

Saksi-Saksi :
1. Supri.......................................
2. Jayadi.....................................
3. Tugino...................................

Itulah Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang dapat Anda lakukan. Anda dapat merubah isi perjanjian tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook