Kamis, 22 Maret 2018

Cara Mengatasi Plak Dan Karang Gigi Secara Alami

Cara Mengatasi Plak Dan Karang Gigi Secara Alami - Plak adalah lapisan tipis, lunak dan lengket pada gigi yang terdiri dari air liur, sisa makanan, jaringan mati, fibrinogen, mikro organisme dan lainnya. Jika plak dibiarkan menempel pada gigi, maka plak tersebut yang semula berwarna kuning akan semakin mengeras dan menghitam, sehingga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Karang gigi yang terus dibiarkan menempel akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan gusi, oleh karena itu karang gigi harus segera dihilangkan.

Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi secara teratur, terutama pada saat malam menjelang tidur, sedangkan karang gigi yang sudah terbentuk biasanya hanya dapat dihilangkan oleh dokter gigi dengan bantuan alat pembersih karang gigi yang disebut Scaler. Namun begitu, Anda juga dapat membersihkan plak dan karang gigi dengan cara alami. Berikut beberapa bahan alami untuk menghilangkan plak dan karang gigi Anda :

Menggunakan Baking Soda
Baking soda dapat Anda gunakan untuk menghilangkan plak pada gigi dan menetralisir asam di mulut. sehingga akan mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut. Caranya adalah : siapkan 1 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam. Campurkan keduanya didalam wadah dan aduk hingga tercampur rata, setelah itu oleskan pada sikat gigi kemudian gunakan untuk menyikat gigi Anda. Setelah selesai, berkumurlah hingga bersih. Jangan menggunakan baking soda terlalu sering, karena dapat merusak email gigi Anda. Lakukan 1 minggu sekali.

Menggunakan Tanaman Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat anti mikroba dan dan anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak. Oleh karena itu banyak orang yang memanfaatkan daging bagian dalam atau gel tanaman lidah buaya untuk mengatasi radang gusi, menghilangkan plak gigi dan menghilangkan karang gigi. Caranya adalah : siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, kemudian dipotong dan ambil gel-nya. Oleskan gel tersebut pada sikat gigi kemudian gunakan untuk menyikat gigi Anda. Biarkan selama 10-15 menit dan setelah itu berkumurlah hingga bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Menggunakan Cuka Putih
Kandungan asam asetat pada cuka putih dapat membantu mencegah deminerelisasi email gigi serta mencegah dan mengurangi penumpukan plak, dan cuka juga memiliki sifat anti bakteri. Caranya adalah : siapkan 1-2 sendok teh cuka, kemudian larutkan kedalam 1/2 cangkir air ruam-ruam kuku dan tambahkan dengan sedikit garam. Selanjutnya aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata, setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan 1 kali sehari.

Menggunakan Teh Hijau
Selain dapat menyegarkan badan bila diminum, teh hijau juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk plak dan mampu menghilangkan karang gigi. Caranya adalah : siapkan teh hijau secukupnya, kemudian direbus. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk berkumur.

Baca juga artikel :

Demikian Cara Mengatasi Plak Dan Karang Gigi Secara Alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Masih banyak lagi bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan plak dan karang gigi seperti kulit jeruk, buah apel, buah jambu biji, dll. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook