Rabu, 21 Maret 2018

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks - Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan sejenis penyakit yang disebabkan karena infeksi virus Human Papiloma Virus (HPV) pada leher rahim. Para penderita kanker serviks ini pada awalnya tidak menyadari kalau mereka telah terjangkit, sebab tidak ada perubahan fisik yang signifikan. Tetapi walaupun tidak ada perubahan secara fisik, biasanya orang yang terjangkit kanker serviks sering mengalami nyeri dibagian pinggul, keputihan yang tidak normal, merasakan sakit saat berhubungan dan m3nstruasi berlebihan hingga muncul nyeri pada tulang. Jika kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut, maka penderitanya akan mengalami mudah lelah, berat badan menurun drastis dan terjadi pembengkakan pada kaki.

Kanker serviks merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita, untuk itu harus dapat dicegah sedini mungkin agar tidak menjadi semakin membahayakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks :

Melakukan pemeriksaan Pap Smear
Pap Smear merupakan metode screening yang berfungsi untuk mendeteksi adanya sel-sel yang dapat memicu kanker pada leher rahim. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear pertama kali saat berusia 21 tahun, terlepas apakah sudah pernah berhubungan 5ex atau belum. Bila saat ini usia Anda sudah diatas 21 tahun, Anda juga belum terlambat untuk sesegera mungkin melakukan pemeriksaan Pap Smear. Jika Anda adalah wanita yang sering melakukan hubungan 5ex, maka sebaiknya Anda secara rutin melakukan pemeriksaan Pap Smear, setidaknya selama 3 tahun.

Melakukan vaksinasi HPV
Hampir 80% penderita kanker serviks disebabkan oleh virus HPV, untuk itu melakukan vaksinasi sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya infeksi virus HPV. Pemberian vaksin HPV sangat dianjurkan bagi setiap wanita yang sudah menginjak usia lebih dari 12 tahun. Idealnya vaksin ini diberikan pada mereka yang belum aktif secara 5exual, tapi bagi mereka yang telah aktif secara 5exual dan belum pernah mendapatkan vaksin ini, sebaiknya segera melakukan vaksinasi.

Menerapkan pola hidup sehat
Melakukan pap smear dan vaksinasi HPV menjadi tidak berguna bila kehidupan yang Anda jalani tidak sehat. Untuk itu menerapkan pola hidup sehat menjadi penting seperti menjaga kebersihan tubuh khususnya pada bagian kewanitaan Anda. Menjaga kebersihan kewanitaan Anda menjadi sangat penting, terutama saat m3nstruasi dan keputihan.  Jangan merokok, sebab racun pada rokok akan memicu munculnya sel kanker dan menjadi semakin ganas. Selalu mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga secara teratur, dan jangan berganti-ganti pasangan dalam berhubungan 5ex. Dengan pola hidup sehat, resiko terserang kanker serviks menjadi lebih kecil.

Baca juga artikel : Cara Alami Mengatasi Keputihan

Itulah Cara Mencegah Kanker Serviks yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke Dokter untuk pendeteksian lebih dini dan melakukan pencegahan. Jangan menganggap remeh hal ini dan jangan menundanya sampai besok. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook