Selasa, 10 April 2018

Cara Merawat Wiper Mobil Yang Benar

Cara Merawat Wiper Mobil Yang Benar - Wiper merupakan salah satu perlengkapan mobil yang keberadaannya sangat diperlukan. Fungsi wiper adalah untuk membantu pengemudi membersihkan kaca bagian depan mobil dari air dan kotoran yang mengganggu pandangan. Selain di kaca depan, wiper juga dapat dipasang di kaca belakang. Dilihat dari fungsinya, maka wiper juga merupakan salah satu alat yang memiliki peranan penting bagi keselamatan pengemudi mobil. Mengingat fungsi dan perannya, maka wiper harus selalu dirawat dengan baik.

Perawatan wiper perlu dilakukan secara rutin agar tetap dapat berfungsi dan bekerja secara optimal. Wiper yang tidak bekerja dengan baik tentunya dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pengemudi mobil, terutama saat turun hujan. Air hujan akan menghalangi pandangan pengemudi sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan. Berikut ini tips merawat dan membersihkan wiper mobil yang dapat Anda lakukan :

1. Selalu memeriksa kondisi karet wiper, jika ditemukan retakan atau kondisi karet sudah lapuk, maka sebaiknya dilakukan penggantian karet wiper. Air yang tidak tersapu dengan baik bisa menjadi pertanda bahwa karet wiper telah mengalami kerusakan.

2. Saat membersihkan wiper, bagian pinggir karet jangan dilap karena disitu terdapat bagian komponen lapisan kimia yang menjaga elastisitasnya.

3. Saat membersihkan wiper, sebaiknya Anda memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca. Untuk mebersihkan karet wiper, Anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang dapat dibeli di toko aksesoris mobil.

4. Periksa secara berkala pada bagian poros wiper. Semprotkan cairan khusus atau WD cleaner untuk menjaga kelancaran pergerakan wiper. Pergerakan wiper yang berat dan tersendat bisa menjadi pertanda kurangnya pelumas pada poros wiper.

Jika Anda mendapati bahwa wiper mobil Anda sudah tidak bekerja atau berfungsi dengan baik, maka segera lakukan perbaikan agar tidak menganggu Anda saat mengendarai mobil. Jangan menyepelekan wiper, karena fungsinya terkait dengan keselamatan Anda saat berkendara.

Itulah Cara Merawat Wiper Mobil Yang Benar agar selalu berfungsi dan bekerja dengan baik. Jika kondisi wiper mobil Anda dalam keadaan baik, maka Anda akan tetap merasa nyaman mengendarai mobil Anda saat turun hujan. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook