Rabu, 26 Juli 2017

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Minta Format Saat Dipasang

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Minta Format Saat Dipasang - Ada sebuah masalah yang sering dialami pengguna komputer yaitu saat memasang atau mencolokan flashdisk ke port usb, kemudian muncul jendela pemberitahuan "You need to format the disk in drive E:before you can use it". Pemberitahuan itu muncul karena flashdisk yang terpasang di drive:E mengalami error, sehingga untuk dapat menggunakannya kembali maka flashdisk tersebut harus di format dulu. Masalah ini tidak hanya terjadi pada flashdisk saja, tetapi dapat terjadi pada semua perangkat external seperti harddisk external, memory card, dan lain sebagainya.

Cara mudah untuk memperbaiki flashdisk yang minta format adalah dengan mengklik tombol "Format disk", namun masalahanya jika Anda melakukan hal itu, maka Anda akan kehilangan semua data-data yang tersimpan didalam flashdisk. Untuk mengatasi flashdisk minta diformat agar data tidak hilang dan tetap tersimpan aman, dapat Anda lakukan dengan melalui command prompt (CMD). Berikut ini cara yang harus Anda lakukan :

you need to format the disk

1. Tekan tombol logo Windows + R pada keyboard.
2. Ketikan perintah chkdsk/f E: (E adalah lokasi drive flashdisk, tulis sesuai drive Anda).

perintah chkdsk

3. Setelah itu tekan Enter atau klik "OK".
4. Silahkan tunggu hingga proses selesai, setelah itu eject flashdisk dan pasang kembali.

Demikian Cara Mengatasi Flashdisk Yang Minta Format Saat Dipasang di komputer atau laptop Anda. Agar flashdisk tidak mudah error, biasakan untuk selalu melakukan eject sebelum mencabut flashdisk dari komputer Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook