Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Menjaga Kesehatan Yang Benar Dan Tepat

Cara Menjaga Kesehatan Yang Benar Dan Tepat - Kesehatan bagi manusia adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan menjadi hal yang utama yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Tidak hanya cukup menjaga kesehatan jasmani saja, namun menjaga kesehatan rohani juga sangat perlu dilakukan. Anda tentu telah mengetahuinya bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal itu menunjukan bahwa jasmani dan rohani adalah dua unsur penting bagi manusia yang saling terkait, artinya jika salah satunya sakit, maka secara keseluruhan sesungguhnya Anda dalam keadaan tidak sehat.

Untuk menjaga kesehatan yang baik tidak hanya dengan cara membersihkan tubuh secara rutin atau dengan cara mengkonsumsi vitamin. Makanan bergizi, rutin berolah raga, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya adalah hanya sebagai penunjang kesehatan yang perlu Anda perhatikan. Agar kesehatan selalu terjaga dengan baik, ada tiga hal penting yang harus Anda lakukan. Berikut ini tiga hal penting untuk menjaga kesehatan yang harus Anda lakukan :

1. Berdoa Memohon Kesehatan
Sebagai seorang manusia, kita harus menyadari bahwa apapun yang kita miliki, semua itu adalah titipan dari ALLAH/ Tuhan yang maha pengasih, termasuk kesehatan yang kita miliki. Sehebat dan secanggih apapun cara Anda menjaga kesehatan, namun jika ALLAH/Tuhan yang maha kuasa menghendaki Anda sakit, maka sudah pasti Anda akan sakit dan tidak ada yang bisa mengobatinya kecuali atas kehendak dan pertolongan dari ALLAH/Tuhan yang maha penyayang. Untuk itu, sebaiknya Anda selalu berdoa, memohon untuk selalu diberikan kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani, sebab hanya ALLAH/Tuhan yang maha pemberi, yang sanggup memberikan segalanya, termasuk kesehatan.

2. Menjaga Kondisi Perut
Perut merupakan pusat aktifitas pengelolaan makanan didalam tubuh manusia, yang kemudian hasilnya akan dibagikan keseluruh anggota tubuh. Terlalu berlebihan makanan yang masuk, akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh Anda, apalagi jika makanan yang masuk kedalam perut adalah makanan yang tidak halal seperti dibeli dari hasil korupsi. hasil mencuri, dan lain sebagainya. Perut manusia dibagi menjadi tiga ruang yaitu sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air, dan sepertiga lagi untuk makanan. Jika ketiga ruangan itu terisi secara seimbang, maka kesehatan Anda akan selalu terjaga. Cara terbaik untuk menjaga perut dari pengaruh buruk suatu penyakit adalah dengan berpuasa, selain itu sebaiknya Anda jangan makan terlalu kenyang. Seperti yang dilakukan oleh Rasullah SAW bahwa  tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

3. Meringankan Beban Pikiran
Ada perbedaan antara lelah karena melakukan sesuatu dengan lelah karena berpikir. Jika Anda lelah karena melakukan sesuatu seperti berolah raga, maka lelah tersebut akan segera hilang hanya dengan sedikit beristirahat. Namun jika Anda lelah karena berpikir keras atau terlalu memikirkan sesuatu, maka lelah itu tidak akan hilang hanya dengan sedikit istirahat. Terlalu berat berpikir atau banyak pikiran yang membebani Anda, maka akan membuat tubuh Anda menjadi lemas tidak bergairah, yang dampaknya akan menganggu kesehatan Anda. Energi yang Anda gunakan untuk berpikir jauh lebih besar jika dibandingkan energi yang Anda gunakan untuk berolah raga. Jadi sebaiknya Anda jangan terlalu berpikir berat hingga dapat membuat Anda jatuh sakit. Ringankan pikiran Anda, jangan terlalu terbebani dengan masalah Anda. Beban pikiran yang terlalu berat dapat menurunkan kondisi kesehatan Anda.

Itulah Cara Menjaga Kesehatan Yang Benar Dan Tepat yang harus Anda lakukan. Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, maka Anda dapat menjalankan segala aktifitas Anda dengan rasa nyaman. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook