Kamis, 12 Maret 2015

Menjaga Kesehatan Jasmani

Menjaga Kesehatan Jasmani - Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan yang paling utama dalam kehidupan. Dengan sehat, maka segala aktifitas yang kita kerjakan akan dapat berjalan dengan baik. Menjaga kesehatan jasmani kita adalah mutlak harus dilakukan, sebab jika kita tidak bisa menjaganya dengan baik, maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup yang akan kita jalani. Anda mungkin pernah mengalami bagaimana rasanya jika Anda sedang dalam keadaan sakit, tentu hal tersebut akan mengganggu semua aktifitas yang Anda lakukan, walaupun hanya jenis sakit yang ringan.

Untuk menjaga kesehatan jasmani tidaklah membutuhkan biaya yang sangat mahal, Anda hanya perlu disiplin, tertib, dan teratur dalam melakukannya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jasmani Anda :

1. Menjaga organ tubuh terpenting
Ginjal, Paru-Paru, dan Jantung adalah organ terpenting yang ada dalam tubuh kita. Fungsi dari organ-organ tersebut sangat vital, yang mana ketiganya mengatur pemberian asupan kedalam tubuh kita. Jika salah satu dari ketiganya mengalami gangguan, maka sudah bisa dipastikan bahwa jasmani kita akan mengalami sakit.

2. Menjaga pola makan
Makanan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh jasmani kita sebagai sumber daya kekuatan dan kesehatan. Makan dengan teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi akan sangat membantu dalam menjaga jasmani kita agar tetap sehat. Makanan bergizi tidak selalu yang mahal, banyak makanan bergizi dengan harga terjangkau yang bisa Anda dapatkan.

3. Minum air yang bersih dan matang
Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, oleh karena itu air menjadi sangat penting bagi kesehatan kita. Meminum air yang tidak bersih terutama air yang tidak matang akan berakibat buruk bagi kesehatan kita. Air kotor dan tidak matang dapat mengandung kuman-kuman yang dapat membahayakan kesehatan kita. Ketika Anda meminumnya, maka kuman-kuman tersebut akan masuk kedalam tubuh Anda, sehingga kondisi kesehatan Anda akan terganggu.

4. Selalu menghirup udara bersih
Udara yang bersih dan segar akan memberikan efek yang baik bagi tubuh, terutama bagi paru-paru Anda. Udara yang kotor (polusi udara) dapat mengganggu pernapasan Anda, dalam jangka waktu panjang akan dapat merusak paru-paru Anda. Udara di pagi hari terasa menyegarkan, cobalah untuk selalu menghirupnya. Sekali-kali cobalah untuk merasakan kesegaran udara pagi pegunungan, dan menghirupnya dalam-dalam.

5. Tidur yang cukup
Istirahat yang baik adalah dengan tidur, tetapi tidur yang diperlukan adalah tidur yang berkualitas, tidak berlebihan atau kurang. Jika Anda tidur dengan waktu yang lebih, maka kepala dan tubuh Anda akan terasa sakit, begitu juga apabila Anda kurang tidur, maka badan akan terasa lemas tak bergairah. Dalam kondisi-kondisi tersebut itulah maka penyakit akan mudah menyerang Anda.

6. Olah raga
Luangkan waktu Anda untuk melakukan olah raga. Olah raga akan menambah kekuatan stamina dan meningkatkan kreatifitas Anda. Olah raga secara teratur akan berdampak baik bagi kesehatan, bergairah dalam setiap menjalankan aktifitas, dan dapat mencegah datangnya penyakit. Jangan malas untuk berolah raga, karena olah raga sangat berpengaruh bagi kesehatan Anda.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan jasmani yang dapat Anda lakukan, selebihnya Anda dapat mempelajarinya dari berbagai media lain atau menanyakan langsung kepada ahlinya. Kesehatan akan terasa sangat berharga ketika kita sedang dalam keadaan sakit, oleh karena itu jagalah kesehatan Anda sebaik-baiknya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook