Selasa, 12 Januari 2016

Cara Menjaga Hubungan Persahabatan Dengan Baik

Cara Menjaga Hubungan Persahabatan Dengan Baik  - Banyak kata yang dapat dirangkai untuk mengungkapkan makna dari seorang sahabat. Sahabat adalah orang yang selalu berada didekat kita, baik dalam keadaan suka maupun duka. Memiliki seorang sahabat menjadi sesuatu yang sangat berarti dalam kehidupan ini. Dengan adanya sahabat, kita tidak pernah merasakan kesepian dalam kesendirian dan tidak pernah merasakan kesedihan dalam kedukaan, karena sahabat akan selalu hadir menemani dan menghibur kita. Seperti cara kita Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga agar terjalin hubungan yang erat, kita juga harus menjaga hubungan persahabatan agar dapat terus terjalin dengan erat, walaupun terpisah dengan jarak yang jauh.

Memiliki seorang sahabat dan menjaga jalinan persahabatan tersebut bukanlah persoalan yang mudah. Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara menjaga persahabatan agar tetap utuh dan bertahan selamanya. Berikut ini beberapa tips menjaga persahabatan agar tetap terjalin erat :

1. Menjaga Silaturahmi

Mungkin saat ini sahabat Anda telah berada disuatu tempat yang jauh, yang tidak mungkin rasanya Anda dapat mengunjungi-nya setiap waktu. Namun begitu, jarak dan waktu yang telah memisahkan Anda dengan sahabat Anda tidak harus membuat ikatan persahabatan itu terputus begitu saja. Cara terbaik yang harus Anda lakukan agar persahabatan tetap terjalin adalah dengan melakukan silaturahmi. Silaturahmi tidak berarti Anda harus mengunjungi rumah-nya, silaturahmi dapat Anda lakukan dengan menyapanya lewat telpon, sms, dan lainnya. Cobalah untuk selalu menanyakan kabar berita-nya, kesehatan-nya dan banyak hal yang lainnya. Jika ada waktu dan kesempatan, Anda juga dapat berkunjung ke tempat tinggal sahabat Anda untuk sekedar melepas rasa kangen dan bernostalgia. Persahabatan tidak pernah terpisahkan oleh jarak dan waktu.

2. Menjaga Kesetiaan

Setia kepada seorang sahabat bukan seperti setianya seorang suami kepada istrinya, atau istri kepada suaminya. Namun kesetiaan yang dimaksud adalah Anda harus bersikap baik dan jujur didepan maupun dibelakang sahabat Anda. "Berkawan ada batasnya. Siapa saja yang menjaga batasan itu, berarti dia adalah sahabat yang benar. Jika tidak, jangan bersahabat dengannya. Batasan-batasan persahabatan adalah : Pertama, dia mesti bersikap sama baik didepanmu maupun dibelakangmu (yakni menjaga kejujuran dan persahabatan). Kedua, menganggap kebaikanmu sebagai kebaikannya, dan cela kamu sebagai cela-nya. Ketiga, tidak merubah perilaku ketika dia mendapat kedudukan atau harta. Keempat, jika memiliki harta, dia tidak akan segan membantumu. Kelima, tidak membiarkanmu seorang diri kala engkau ditimpa masalah dan kesulitan"- Imam Sadiq (as).

3. Menjaga Kesabaran

Terkadang dalam sebuah persahabatan bisa muncul perselisihan dan kesalah pahaman. Hal itu bisa saja terjadi antara Anda dengan sahabat Anda, namun kejadian tersebut jangan sampai menimbulkan pertengkaran yang berakhir dengan putusnya tali persahabatan. Bersikap sabar akan membuat Anda menjadi orang yang rendah hati dan selalu mau memaafkan kesalahan sahabat Anda. "Orang yang marah kepadamu sampai tiga kali tapi tidak pernah mengucapkan kata-kata buruk terhadapmu, maka ia layak engkau jadikan sahabat" - Imam Sadiq (as).

4. Menjaga Senyuman

Masalah apapun yang terjadi antara Anda dengan sahabat Anda, segera selesaikan masalah tersebut dengan cara yang baik dan tetaplah tersenyum walaupun Anda tidak melakukan kesalahan apapun.

Itulah Cara Menjaga Hubungan Persahabatan Dengan Baik agar selalu merekat dengan kuat dan bertahan selamanya. Semoga artikel ini mengingatkan Anda, tentang arti seorang sahabat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook