Kamis, 18 Mei 2017

Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet

Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet - Kebaya telah lama dikenal sebagai pakaian tradisional Indonesia. Kebaya umumnya digunakan bersama kain batik. Walaupun kebaya lebih identik dipakai oleh wanita-wanita jawa, namun ada beberapa daerah di indonesia memiliki kebaya dengan ciri khas masing-masing seperti Kebaya Jakarta dengan ciri berupa warnanya yang cerah, yang dipadu dengan sarung batik, dan lain sebagainya.

Seperti jenis pakaian lainnya yang memerlukan perawatan, kebaya juga harus dirawat dengan baik agar tidak mudah rusak dan tetap dapat terus digunakan. Berikut ini adalah tips merawat kebaya agar tahan lama dan tetap terlihat cantik :

Cara Mencuci Kebaya

- Jangan mencuci kebaya dengan menggunakan mesin cuci karena dapat merusak kebaya. Kebaya sebaiknya dicuci secara manual (menggunakan tangan). 
- Untuk mencuci kebaya, hindari menggunakan deterjen yang mengandung pemutih. Kebaya jangan dikucek tapi cukup diremas secara lembut.
- Jangan menggunakan sikat cuci terutama kebaya berbahan brokat dan yang mempunyai hiasan bordiran dan payet. Untuk menghilangkan noda, gunakan sikat gigi berbahan lembut.
- Jangan merendam kebaya didalam larutan deterjen terlalu lama, cukup 8-10 menit saja dan setelah itu bilas dengan air bersih
- Untuk mengurangi airnya, jangan memeras kebaya dengan cara dipelintir, sebaiknya letakan kebaya diatas handuk yang dibentangkan kemudian gulung keduanya secara bersamaan.
- Jangan menjemur kebaya dibawah terik matahari secara langsung.
- Untuk jenis bahan kebaya tertentu seperti chiffon, lace atau tulle, gunakan teknik dry-cleaning agar tekstur kebaya tetap terjaga dengan baik.
- Jangan terlalu sering mencuci kebaya, kecuali sudah benar-benar kotor dan berbau. Setelah digunakan, cukup diangin-anginkan saja dengan meletakannya ditempat yang datar.

Cara Menyetrika Kebaya

- Untuk menyetrika kebaya, sebaiknya kebaya dilapisi dulu dengan kain agar tidak terjadi sentuhan tapak setrika secara langsung untuk menghindari kerusakan bahan kebaya.
- Untuk kebaya berbahan tulle, jangan disetrika karena akan merusak tekstur bahanya.
- Sesuaikan suhu panas setrika dengan bahan kebaya yang digunakan.

Cara Menyimpan Kebaya

- Untuk menyimpan kebaya, sebaiknya perhatikan jenis bahan kebaya yang digunakan. Untuk kebaya dari bahan satin atau sutera dapat digantung dengan menggunakan hanger. Untuk kebaya dari bahan lace, tulle atau payet sebaiknya dilipat dan disimpan didalam kotak khusus yang terbuat dari kardus atau mika agar tekstur dan garis kebaya tetap terjaga.
- Jangan menempatkan kamper atau kapur barus ditempat menyimpan kebaya sebab hal itu dapat merusak bahan kebaya. Sebaiknya gunakan silica gel agar kebaya tetap kering.

Demikian Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet yang dapat Anda lakukan. Sebaiknya jangan menyemprotkan parfum secara langsung kepermukaan kebaya, karena bahan tertentu dari parfum seperti fragrance dapat merusak tekstur warna kebaya Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook