Rabu, 15 April 2015

Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga

Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga - Tetangga adalah orang-orang yang tempat tinggalnya atau rumahnya berdekatan dengan kita. Menjaga hubungan baik dengan tetangga menjadi suatu keharusan bagi kita, agar kita dapat hidup berdampingan secara baik. Tetangga menjadi sangat penting, dimana merekalah yang pertama kali akan membantu kita dalam berbagai kesulitan atau musibah yang menimpa kita. Untuk itu maka sudah sepantasnya kita menjalin hubungan yang erat dengan tetangga, saling menghormati dan mencinta serta berkomunikasi dengan baik.

Tetangga dapat dikategorikan sebagai saudara terdekat kita. Jika kita membutuhkan bantuan dengan segera, terlebih di tengah malam, kita tidak akan segera mendapat bantuan dari saudara kita yang rumahnya jauh dari kita, maka tetanggalah yang dapat dengan segera membantu kita. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga hubungan baik dengan tetangga. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga hubungan baik dengan tetangga :

1. Jangan menyakiti tetangga
Perbuatan menyakiti tetangga baik dengan perkataan atau perbuatan merupakan hal yang dapat merusak hubungan baik dengan tetangga. Jangan kita menghina atau mencela tetangga kita, baik secara langsung atau dengan mengatakannya kepada orang lain. Rasulallah Shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda "Barang siapa yang beriman kepada ALLAH subhanahu wata'ala dan hari akhir, maka janganlah ia menyakiti tetangganya". (HR.Bukhari).

2. Menolong kesulitan tetangga
Untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga adalah dengan menolong tetangga yang sedang dalam kesulitan. Bila kita mengetahui ada diantara tetangga kita yang berada dalam kesulitan, sebaiknya kita mengunjunginya, tanyakan apa kesulitannya. Bantulah kesulitan tetangga sesuai dengan kemampuan kita, baik itu berupa materi ataupun non materi. Rasulallah Shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda "Bukanlah seorang mu'min, orang yang kenyang sementara tetangganya kelaparan di sampingnya". (HR.Bukhari).

3. Bersikap ramah tamah
Bersikap ramah tamah terhadap tetangga adalah perbuatan yang dapat mempererat hubungan baik seperti tersenyum dan memberi salam saat bertemu, berkata-kata dengan perkataan yang baik dan lembut. ALLAH subhanahu wata'ala berfirman, yang artinya "Perkataan yang baik dan pemberian ma'af lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan yang penerima). ALLAH maha kaya lagi maha penyantun". (QS.AL-Baqarah:263).

4. Toleransi dengan tetangga
Toleransi dengan tetangga adalah sesuatu yang harus dilakukan selama hal itu bukan sesuatu yang negatif. Berikan toleransi terhadap tetangga kita seperti jangan mengeluarkan kata yang keras/berteriak-teriak atau membuat kegaduhan di rumah kita sehingga dapat mengganggu ketentraman tetangga kita dan hal-hal lain yang dapat merusak toleransi bertetangga. Rasulallah Shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda "Sebaik-baik sahabat adalah yang paling baik terhadap sahabatnya, dan sebaik-baik tetangga adalah yang paling baik terhadap tetangganya". (HR.Tirmidzi).

5. Menutupi aib tetangga
Membicakan kejelekan atau aib seseorang adalah perbuatan yang sangat tercela, terlebih lagi membicarakan aib tetangga sendiri. Janganlah menceritakan aib tetangga kita kepada orang lain, cukuplah hanya kita yang mengetahui. Rasulallah Shallalllahu 'alaihi wasallam bersabda "Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka ALLAH akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat". (HR.Muslim).

Itulah beberapa cara menjaga hubungan baik dengan tetangga. Bila kita dapat melakukan semua itu, maka kita akan dapat hidup berdampingan secara baik, tentram dan penuh kasih sayang. Ajarkan kepada keluarga kita untuk senantiasa bersikap baik terhadap tetangga.Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook