Kamis, 21 Januari 2016

Cara Menghapus Widget/Gadget Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Widget/Gadget Yang Tidak Bisa Dihapus - Widget yang terdapat didalam blog merupakan salah satu sarana penting yang berfungsi sebagai tempat menampilkan berbagai informasi seperti artikel terbaru, artikel populer, periklanan dan lain sebagainya. Namun setelah mengganti template, terkadang kita menemukan ada beberapa widget atau gadget yang tidak terdapat tombol hapus sehingga widget tersebut tidak bisa dihapus secara langsung. Bagi Anda yang baru belajar blogging, tentu hal tersebut membuat Anda bingung dan kemudian mencari cara bagaimana menghapus widget blog yang sulit dihapus didalam blog Anda.

Untuk mengatasi widget blog yang tidak bisa dihapus sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menghapusnya :

1. Anda harus tahu Id Widget yang tidak bisa dihapus, caranya adalah :
- Masuk ke bagian tata letak blog Anda.
- Buka widget yang ingin dihapus.
- Lihat alamat widget tersebut. bagian paling akhir adalah Id Widget Anda, contohnya HTML3.
- Setelah itu, tutup widget tersebut.

widget blog

2. Setelah Anda mengetahui Id widget Anda, selanjutnya masuk ke bagian template.
- Klik "Template".
- Setelah itu, klik "Edit HTML".

edit html

3. Setelah berada didalam jendela template, klik "Format template".
4. Klik "Lompat ke widget", kemudian klik Id widget yang dimaksud, pada contoh adalah HTML3.
5. Pada widget, klik logo segitiga hitam yang berada disebelah kiri, jika muncul logo segitiga  lagi, klik logo tersebut untuk membuka seluruh susunan kode dari widget tersebut.

kode widget
<b:widget id='HTML3' locked='false' title='Recent Post' type='HTML'> <b:includable id='main'> <!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> <h2 class='title'> <data:title/> </h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> </b:includable> </b:widget>

6. Hapus semua kode yang ada, dari kode pembuka : <b:widget, hingga kode penutup : </b:widget>.
7. Setelah itu, klik "Simpan template".

Itulah Cara Menghapus Widget/Gadget Yang Tidak Bisa Dihapus pada blog Anda. Adanya widget dapat membuat tampilan blog Anda terlihat lebih menarik. Jangan menempatkan widget secara berlebihan, sebab akan memberatkan loading blog Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook