Kamis, 21 Januari 2016

Cara Membuat Contact Form Untuk Blog

Cara Membuat Contact Form Untuk Blog - Contact form yang ada didalam sebuah website atau blog merupakan sebuah sarana khusus yang bisa digunakan oleh pengunjung blog untuk menghubungi pemilik atau admin blog. Tidak sedikit para pemilik blog yang membuat contact form di blog dan menempatkannya pada posisi yang mudah terlihat didalam blog mereka. Hal itu dimaksudkan agar pengunjung blog dapat menghubungi mereka secara pribadi untuk menanyakan hal-hal yang terkait dengan isi blog. Bagi mereka yang menjadikan blog sebagai sarana untuk melakukan bisnis, tentunya contact form merupakan sesuatu yang sangat penting. 

Adanya contact form yang umumnya diberi nama contact me atau hubungi saya, tentunya akan mempermudah para pengunjung blog Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan Anda. Untuk membuat contact form di blogger tidaklah terlalu sulit, sebab ada banyak situs web yang menyediakan pembuatannya secara gratis seperti emailmeform.com. Pada website ini, Anda dapat mengkreasikan sendiri model dari contact form yang Anda inginkan seperti warna, field dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membuat dan memasang contact form didalam blog Anda, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuatnya :

1. Silahkan kunjungi http://www.emailmeform.com/
2. Klik "SIGN UP FREE".
3. Isi semua kolom yang tersedia.
- Email : Isi dengan email Anda.
- Password : Buat password Anda.
4. Klik "CREATE ACCOUNT".

( klik pada gambar untuk memperbesar )

email me form
create account

5. Setelah berada didalam laman My Forms, klik "Add Form".
6. Klik "Go to the template section",

add form
add form

7. Pilih "Contact Form", kemudian klik "CUSTOMIZE THIS FORM".

contact form

8. Edit template sesuai keinginan Anda. Untuk menghapus kolom yang tidak Anda inginkan, arahkan kursor ke kolom yang dimaksud, kemudian klik tanda silang merah yang muncul. Untuk menambahkan kolom yang Anda inginkan, klik field yang Anda inginkan.
9. Setelah edit selesai, klik "Save Form".

edit contact form

10. Klik "Take me back to the form Manager".

saved contact form

11. Setelah berada pada laman My Forms, klik "Code".

my form

12. Pilih dan copy salah satu code "Link" atau "Embed", kemudian paste ke dalam blog Anda.
- Link : bisa Anda tempatkan pada menu navigasi blog.
- Embed : bisa Anda tempatkan pada laman atau sidebar blog.

link contact form

13. Lihat hasilnya. Contohnya Klik Disini

Demikian Cara Membuat Contact Form Untuk Blog yang dapat Anda lakukan. Pastikan bahwa didalam blog Anda telah terpasang contact form agar pengunjung atau pembaca blog Anda dapat berkomunikasi dengan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook