Sabtu, 21 Maret 2015

Cara Mengatasi Flashdisk Error

Cara Mengatasi Flashdisk Error - Flashdisk adalah seperangkat alat yang dapat digunakan untuk menyimpan atau memindahkan data atau file. Selain sebagai alat menyimpan atau memindahkan data/file, flashdisk juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi portable, sebagai RAM (Random Access Memory), dan masih banyak lagi fungsi dari flashdisk. Flashdisk mudah dibawa kemana-mana, dengan begitu kita dapat membuka file atau data yang telah kita simpan di komputer lain seperti di warnet atau di komputer milik teman.

Banyaknya fungsi dari flashdisk yang dapat dimanfaatkan, tentunya akan membantu segala pekerjaan kita yang telah terkomputerisasi. Lalu bagaimana jika flashdisk yang kita miliki mengalami error, sehingga dapat menghambat kita untuk membuka file atau data-data yang diperlukan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi flashdisk yang error :

Melalui windows check disk
Windows check disk telah tersedia di perangkat windows, Anda tidak perlu mengunduhnya. Cara menggunakannya sebagai berikut:
- Pasang Flashdisk Anda
- Masuk ke Windows Explorer
- Klik kanan flashdisk - Propertis - Tools - Check Now
- Centang 'Automatically fix file system errors' dan 'Recovery of bad sector' 

Menggunakan Command Prompt (CMD)
Menggunakan Command Prompt bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki flashdisk yang error. Caranya adalah :
- Klik start
- Klik Run
- Ketik CMD, kemudian enter
- Pasang flashdisk
- Ketik FORMAT E:/FS:FAT, kemudian enter (E adalah lokasi flashdisk, jika berada di F atau H, tuliskan huruf tersebut)

Menggunakan Computer management
- Pasang flashdisk
- Klik start
- Klik Run
- Ketik compmgmt.msc, kemudian enter
- Klik Storage dan pilih Disk Management
- Jika flashdisk dapat terdeteksi, klik kanan dan pilih create partition
- Klik kanan, kemudian pilih format

Menggunakan sebuah aplikasi
Anda beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki flashdisk error seperti HP USB Storage Format Tools, Low Level Format Application, HP Drive Boot Utility, flashdisk repair, Seatool For Windows Application, JetFlash Recovery tool, Super Stick Recovery Tool Aplication, USB Device Viewer, dll. Anda bisa mencari aplikasi-aplikasi tersebut melalui media internet.

Jika semua cara telah dilakukan, namun tidak mengatasi masalah maka lakukan format data flashdisk secara menyeluruh. Memformat flashdisk akan menghilangkan seluruh data yang tersimpan. Itulah beberapa cara mengatasi flashdisk error. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook