Jumat, 26 Oktober 2018

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur - Mendengkur atau ngorok saat tidur sering terjadi pada setiap orang, terutama pada orang dewasa. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang tidur mendengkur seperti faktor usia, berat badan, posisi tidur, masalah pada hidung, mengkonsumsi obat-obatan, dan lain sebagainya. Mendengkur tidak hanya berpengaruh pada kualitas tidur Anda, namun juga dapat mengganggu orang lain yang tidur bersama Anda atau pasangan Anda, apalagi jika dengkuran itu terdengar sangat keras.

Selain sangat mengganggu, mendengkur juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit seperti gangguan pernapasan, stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, bagi Anda yang selalu tidur mendengkur, sebaiknya hal itu segera diatasi. Berikut ini beberapa tips menghilangkan  kebiasaan mendengkur yang bisa Anda lakukan :

Baca juga artikel : Cara Mengatasi Vertigo

Mengubah Posisi Tidur
Jika Anda terbiasa tidur terlentang dan hal itu menyebabkan tidur Anda mendengkur, maka sebaiknya posisi tersebut diubah. Tidur terlentang bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk itu sebaiknya Anda mengubah posisi tidur Anda dengan posisi menyamping.

Menjaga Kebersihan Bantal
Mendengkur bisa timbul karena adanya alergi yang disebabkan oleh suatu zat atau kotoran yang ada pada bantal Anda. Untuk itu sebaiknya kebersihan bantal yang Anda gunakan selalu diperhatikan. Cobalah untuk menjemur dan mengganti sarung bantal secara teratur.

Hindari Alkohol dan Obat Tidur
Meminum minuman yang mengandung alkohol dan mengkonsumsi obat tidur dapat menjadi penyebab tidur Anda mendengkur., sebab kedua hal tersebut akan membuat otot-otot pada leher menjadi lebih rileks sehingga kemungkinan besar akan mengeluarkan suara dengkuran. Sebaiknya jangan meminum minuman beralkohol 3 sampai 5 jam sebelum tidur.

Menurunkan Berat Badan
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan tidur Anda mendengkur, sebab jaringan lemak disekitar leher akan menyababkan tenggorokan menyempit saat berbaring sehingga akan mengeluarkan suara dengkuran.

Tidur Cukup Waktu
Tidur dengan waktu yang tidak teratur atau kurang tidur dapat membuat tidur Anda mendengkur. Kurang waktu tidur dapat membuat tubuh Anda mengalami kelelahan dan otot-otot menjadi lebih lemah sehingga bisa menimbulkan dengkuran saat Anda tidur.


Itulah beberapa Cara Mengatasi Tidur Mendengkur yang dapat Anda lakukan. Mendengkur dapat diatasi dengan cara mengetahui penyebabnya. Menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dapat mencegah tidur mendengkur. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook