Selasa, 30 Oktober 2018

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Berpuasa

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Berpuasa - Sakit kepala dapat menyerang kapan saja, termasuk saat sedang berpuasa Sakit kepala saat berpuasa memang sangat mengganggu sekali dan kerap membuat seseorang terpaksa membatalkan puasanya karena harus meminum obat untuk mengatasi rasa nyeri di kepala. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sakit kepala saat berpuasa seperti dehidrasi, tekanan darah rendah, perubahan pola tidur, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda salah satu orang yang pernah atau bahkan sering mengalami sakit kepala saat sedang berpuasa. Untuk meredakan sakit kepala yang Anda rasakan saat berpuasa, berikut ini tips mengatasi sakit kepala saat berpuasa yang bisa Anda lakukan :


Melakukan Pijatan Ringan
Pijatan dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan membantu melancarkan peredaran darah. Cobalah lakukan pijatan ringan dengan membuat gerakan memutar dimulai dari area tulang pipi ke sisi kedua mata hingga ke tengah dahi. Lakukan juga pijatan ringan pada area yang sakit seperti pada area kepala, bahu dan leher.

Melakukan Kompres
Kompres dingin atau hangat dapat membantu meredakan sakit kepala saat berpuasa. Cobalah untuk menempelkan handuk hangat atau botol berisi air hangat pada area leher untuk mengendurkan otot yang tegang dibagian leher. Siapkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut, kemudian tempelkan pada area kepala yang sakit atau bagian dahi dan pelipis.

Melakukan Relaksasi
Relaksasi dapat meredakan sakit kepala yang Anda rasakan saat sedang berpuasa. Cobalah untuk melakukan relaksasi di ruangan yang sunyi dan gelap dengan berbaring dan memejamkan mata. Tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan. Lakuan selama beberapa kali hingga Anda merasakan otot kepala Anda menjadi rileks.

Merangkak
Merangkak bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara melancarkan aliran darah dan mempermudah aliran oksigen ke otak sehingga sakit kepala Anda akan mereda. Lakukan gerakan merangkak dengan posisi punggung dalam keadaan datar, gerakan kedua tangan di depan, menurunkan dahi ke bawah dan pinggul terangkat, tahan posisi tersebut selama 5-10 menit sampai tekanan di bahu dan punggung mengendur. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali.

Merendam Kaki 
Jika Anda merasakan sakit kepala saat berpuasa, cobalah untuk merendam kaki Anda dengan air hangat. Lakukan sambil duduk, sandarkan bagian belakang kepala Anda ke bantal dan pejamkan mata hingga Anda merasakan kondisi yang menjadi lebih baik.


Itulah beberapa Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Berpuasa yang dapat Anda lakukan. Sebaiknya jangan makan berlebihan pada saat sahur. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook