Jumat, 05 Mei 2017

Cara Merawat Mixer Agar Awet

Cara Merawat Mixer Agar Awet - Mixer merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mengolah bahan makanan seperti mengaduk, mencampur dan mengembangkan adonan. Alat ini dirancang secara khusus dengan kecepatan putaran yang dapat disesuaikan agar bisa menghasilkan adonan yang pas. Dengan adanya mixer maka pembuatan bahan makanan dapat lebih mudah dilakukan dan lebih cepat selesai. Seperti alat elektronik pada umumnya yang harus selalu dirawat dengan baik, mixer juga harus dirawat dengan baik agar fungsi dan kegunaannya dapat bertahan lama dan Anda dapat selalu memanfaatkannya.

Bagi Anda yang memiliki mixer dan ingin selalu membuatnya tetap befungsi dalam waktu yang lebih lama, berikut ini tips merawat mixer agar tahan lama yang dapat Anda lakukan :

  • Jangan terlalu lama menggunakan mixer saat mengaduk adonan agar motor penggerak tidak terlalu panas. Jika memang adonan yang Anda buat harus diaduk dalam waktu yang lama, maka hentikan penggunaan mixer untuk beberapa saat hingga panas pada motor penggerak putaran berkurang, setelah itu nyalakan kembali mixer dan lanjutkan pekerjaan Anda.
  • Bersihkan mixer setelah Anda menggunakannya. Bersihkan hingga bagian dalam mixer dan juga pemutar adonan, pastikan sudah tidak ada lagi sisa adonan yang melekat. Gunakan kain lembab untuk membersihkan badan mixer dan untuk pemutar adonan, gunakan air yang dicampur dengan sabun cair pencuci piring.
  • Jika mixer tidak digunakan, jangan biarkan kabel power tersambung dengan stop kontak. Cabut kabel dari stop kontak, kemudian gulung kabel dengan rapih dan tempatkan pada slot kabel yang biasanya tersedia pada badan mixer.
  • Setelah Anda membersihkan dan menggulung kabelnya, selanjutnya simpan mixer Anda di tempat yang kering, aman dari jangkauan anak-anak dan gangguan tikus atau serangga yang dapat merusak kabel-kabel komponen mixer.
  • Jaga jangan sampai mixer Anda terjatuh atau tertimpa benda-benda keras karena hal itu dapat merusak badan mixer dan komponen-komponen kelistrikan mixer.

Demikian Cara Merawat Mixer Agar Awet yang bisa Anda lakukan. Gunakan mixer sesuai kapasitasnya agar fungsi dan kegunaannya dapat bertahan lebih lama. Perawatan yang tepat akan membuat kualitas mixer Anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook