Jumat, 05 Mei 2017

Cara Mengatasi Motor Matic Yang Susah Dihidupkan

Cara Mengatasi Motor Matic Yang Susah Dihidupkan - Mengendarai motor matic sepertinya telah menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan, dimana arus kendaraan yang begitu padat sering menimbulkan kemacetan. Motor matic tidak memerlukan perpindahan gigi, sehingga penggunanya bisa lebih santai ditengah kemacetan. Namun seiring bertambahnya usia pemakaian motor matic, maka para penggunanya sering mengalami suatu masalah. Salah satu masalah yang sering muncul adalah motor matic tidak menyala atau susah untuk dihidupkan setelah mengalami mati mendadak.

Mungkin Anda pernah mengalami masalah saat mengendarai motor matic yang tiba-tiba mendadak mati dan susah dihidupkan kembali, tentu hal itu sangat menjengkelkan sekali. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab motor matic mati mendadak dan susah dihidupkan seperti kompresi yang bocor, setelan klep yang terlalu rapat, ring seher yang macet, dll. Untuk mengatasi motor matic yang mendadak mati dijalan dan susah dihidupkan kembali, maka Anda dapat mencoba cara berikut ini sebelum membawa motor Anda ke bengkel :

- Parkir motor matic Anda dengan menggunakan standar dua/tengah.
- Pastikan posisi kunci kontak dalam keadaan off.
- Selanjutnya tarik gas hingga posisi mentok/penuh dan jangan dilepas.
- Dalam kondisi gas mentok/penuh, lakukan kick starter. Ulangi kick starter hingga 5-8 kali.
- Setelah melakukan kick starter, selanjutnya lepas gas hingga kembali ke posisi normal.
- Ubah posisi kunci kontak ke posisi on.
- Tarik kembali gas hingga posisi mentok/penuh dan jangan dilepas.
- Dalam kondisi gas mentok/penuh, lakukan kick starter hingga motor hidup.
- Biarkan posisi gas dalam kondisi mentok/penuh hingga suara motor terdengar kencang.

Motor matic yang mengalami masalah seperti mati mendadak dan susah dihidupkan biasanya disebabkan kurangnya perawatan. Sebaiknya Anda membawa motor matic Anda ke bengkel resminya secara berkala untuk dilakukan service.

Demikian Cara Mengatasi Motor Matic Yang Susah Dihidupkan sebagai solusi awal jika motor Anda mati mendadak dijalan. Jika cara tersebut tidak berhasil, jalan terbaik adalah dengan membawa motor matic Anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan. Sebaiknya Anda juga mengetahui cara merawat motor matic secara baik. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook