Selasa, 09 Mei 2017

Cara Merawat Blender Yang Benar

Cara Merawat Blender Yang Benar - Blender merupakan alat elektronik yang memiliki fungsi untuk menghancurkan dan menghaluskan bahan makanan. Blender umumnya digunakan untuk menghaluskan aneka buah-buahan yang akan dijadikan juice. Selain untuk membuat aneka juice, blender juga kerap digunakan untuk menghaluskan aneka bumbu dapur untuk memasak. Mengingat fungsinya yang sangat membantu mempermudah pengolahan bahan makanan, maka blender harus dirawat dengan baik, agar terus dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Bagi Anda yang memiliki blender dan ingin agar blender tersebut dapat terus digunakan dalam waktu yang lama, berikut ini tips merawat blender yang dapat Anda lakukan :

Menggunakan Blender

- Jangan memasukan bahan makanan yang akan diolah melebihi kapasitas tabung blender, sebab hal tersebut dapat membuat motor pemutar mata pisau bekerja terlalu keras yang akhirnya dapat merusak motor pemutar mata pisau akibat terlalu panas.

- Pada blender biasanya memiliki berbagai jenis mata pisau, silahkan gunakan yang sesuai dengan jenis bahan makanan yang akan diolah. Jika ukuran bahan makanan yang akan dihaluskan terlalu besar, sebaiknya bahan makanan tersebut dipotong-potong menjadi beberapa bagian sebelum dimasukan kedalam tabung blender untuk dihaluskan.

- Atur kecepatan putaran mata pisau sesuai dengan bahan makanan yang akan diolah. Jangan menyalakan blender terlalu lama sebab hal tersebut akan membuat mesin blender cepat panas dan akibatnya blender akan cepat mengalami kerusakan. Bacalah petunjuk penggunaan blender pada buku manual yang ada untuk mengetahui cara menggunakan yang tepat.

Membersihkan Blender

- Setelah selesai digunakan, segera cuci tabung blender dan jangan dibiarkan terlalu lama dalam keadaan kotor sebab dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan akan menjadi sarang bakteri. Untuk mencucinya, isi tabung blender dengan air hangat hingga seperempat atau setengahnya. Untuk menghilangkan bau yang ada, tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya. selanjutnya nyalakan blender selama beberapa menit hingga semua kotoran tersapu bersih. 

- Setelah tabung blender terlihat bersih, cabut kabel power dari stop kontak dan lepaskan tabung blender dari tempatnya kemudian cuci tabung dengan air sabun berikut tutupnya. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan. Keringkan juga mata pisaunya, lakukan dengan hati-hati. Untuk badan mesin blender, gunakan lap lembab untuk membersihkannya.

- Setelah selesai dibersihkan, simpan blender pada tempatnya kemudian letakan ditempat yang kering dan aman dari jangkauan anak-anak.

Itulah Cara Merawat Blender Yang Benar agar awet sehingga dapat terus digunakan untuk jangka waktu yang lama. Gunakan blender Anda sesuai kapasitasnya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook