Senin, 18 November 2019

Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Alami

Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Alami - Sesak napas merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan bernapas akibat kurangnya oksigen yang masuk ke paru-paru. Sesak napas bisa terjadi karena adanya  suatu penyakit tertentu seperti asma, alergi, masalah jantung atau masalah lainnya seperti obesitas, keracunan karbon monoksida, dll. Sesak napas tentunya akan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman

Sesak napas bisa terjadi secara tiba-tiba, oleh karena itu perlu diketahui metode penanganannya. Metode mengatasi sesak napas berikut ini bukanlah sebagai pengganti pengobatan penyakit yang menimbulkan sesak napas, namun hanya sebagai cara untuk meringankan saat merasakan sesak napas. Berikut ini tips mengatasi sesak napas secara alami yang bisa Anda lakukan :


Duduk Di Kursi Dengan Condong Ke Depan
Jika merasakan sesak napas, maka segera duduk di kursi dengan kedua telapak kaki menginjak lantai dan kemudian condongkan tubuh Anda ke depan. Letakan siku dilutut secara perlahan atau tahan dagu dengan tangan Anda. Otot leher dan bahu Anda harus tetap rileks. Selanjutnya ambil napas dalam secara perlahan lewat hidung dan hembuskan secara perlahan.

Berbaring Santai Di Tempat Tidur
Apabila Anda merasakan sesak napas saat sedang tidur, maka cobalah atur posisi badan menjadi terlentang dengan membuat posisi kepala lebih tinggi oleh tumpukan bantal. Tekuk lutut kemudian selipkan guling atau bantal di bawah lutut. Usahakan agar posisi punggung tetap lurus dan kedua tangan lurus di sisi badan. Cara ini akan membuat jalan napas Anda menjadi lancar.

Merebahkan Kepala Di Atas Meja
Apabila Anda merasakan sesak napas saat sedang duduk berhadapan dengan meja, maka jika timbul sesak napas, segera lipat kedua tangan Anda diatas meja dan kemudian rebahkan kepala Anda diatas kedua tangan Anda dengan kedua telapak kaki menginjak lantai. Atur napas secara perlahan lewat hidung maupun lewat mulut hingga napas terasa lega.

Menyandar Ke Dinding
Jika sesak napas terjadi saat posisi Anda sedang berdiri, maka Anda dapat menyandarkan diri Anda ke dinding dengan menempelkan pinggul Anda. Pastikan kaki Anda terbuka selebar bahu dan tangan berada disamping kedua paha Anda kemudian condongkan badan sedikit ke depan. Dapat juga dilakukan dengan cara berjalan lambat sambil mengatur pernapasan Anda.


Itulah Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Alami yang bisa Anda lakukan. Untuk mencegah gangguan sesak napas, cobalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook