Rabu, 30 Januari 2019

Cara Menghemat Kuota Internet Android

Cara Menghemat Kuota Internet Android - Sekarang ini setiap orang dapat dengan mudah mengakses internet, tidak hanya di kota-kota besar saja namun juga hampir di setiap pedesaan jaringan internet telah tersedia. Internet bahkan telah menjadi salah satu kebutuhan hidup yang harus terpenuhi setiap hari, khususnya bagi mereka yang kesehariannya tidak pernah lepas dari smartphone. Bicara internet sepertinya tidak bisa lepas dari persoalan keuangan, sebab untuk dapat mengakses internet, Anda harus membayar jaringan atau membeli kuota internet.

Membeli kuota internet sama artinya dengan pengeluaran uang. Semakin sering Anda membeli kuota internet, semakin besar pula pengeluaran uang Anda. Untuk menghemat pengeluaran uang, maka Anda juga harus menghemat penggunaan kuota internet Anda. Bagi Anda pengguna android, berikut ini tips menghemat kuota internet android yang bisa Anda lakukan :

Baca juga artikel :

Mamutuskan sambungan internet bila tidak digunakan
Untuk menghemat kuota internet dapat Anda lakukan dengan cara memutuskan sambungan internet atau menonaktifkan data seluler ketika Anda sedang tidak menggunakan internet. Jaringan internet yang masih tersambung ke android Anda, walaupun tidak Anda gunakan namun beberapa aplikasi masih tetap terus mengakses internet sehingga akan mengurangi kuota internet.

Menonaktifkan update otomatis aplikasi
Menonaktifkan update otomatis aplikasi dapat menjadi salah satu cara menghemat kuota internet. Dengan tidak aktifnya update otomatis aplikasi, maka Anda dapat mengatur update aplikasi android Anda hanya saat menggunakan sambungan wifi. Anda dapat menggunakan sambungan wifi gratis atau sambungan wifi di kantor Anda sehingga kuota internet Anda menjadi hemat.

Menonaktifkan unduh otomatis WhatsApp
Sama seperti menonaktifkan update otomatis aplikasi, Anda juga bisa menonaktifkan unduh otomatis media WhatsApp Anda. Membiarkan setiap foto/gambar, video, audio atau dokumen terbuka (unduh) secara otomatis dapat menguras kuota internet, apalagi jika file yang diunduh sangat besar dan banyak. Untuk itu Anda bisa menonaktifkan unduh otomatis media saat menggunakan data seluler. Jika memang harus menguduhnya namun tidak ada sambungan wifi, maka Anda dapat memilih file-file yang memang penting untuk dilihat (diunduh).

Tidak mengaktifkan semua akun sinkronisasi
Adanya fitur otomatis sinkronkan data di handphone android Anda bisa menjadi penyebab berkurangnya kuota internet tanpa Anda sadari. Untuk itu sebaiknya Anda memilih akun-akun (aplikasi) mana saja yang akan diaktifkan sehingga kuota internet dapat dihemat.

Menggunakan Datally (aplikasi penyimpan data)
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet android Anda adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Datally, yaitu sebuah aplikasi penyimpanan data yang diciptakan dan dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini membantu Anda menyimpan, mengelola dan berbagi data seluler Anda. Silahkan Anda pelajari dan download aplikasi Datally di Google Play Store.

aplikasi penyimpanan data oleh google


Itulah Cara Menghemat Kuota Internet Android yang bisa Anda lakukan. Dengan menghemat kuota internet, berarti Anda juga menghemat pengeluaran uang Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook