Jumat, 04 Januari 2019

Cara Mengatasi Handphone Android Lemot

Cara Mengatasi Handphone Android Lemot - Seiring berjalannya waktu dan lamanya pemakaian, handphone android tentunya dapat mengalami penurunan kinerja. Salah satu yang dirasakan oleh banyak pengguna adalah hp android semakin hari semakin lemot. Jika hp android Anda lemot maka Anda akan merasakan ketidaknyamanan saat menggunakannya seperti lambat dalam membuka aplikasi, lambat saat melakukan perpindahan antar layar, dan lain sebagainya.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan handphone android menjadi lemot. Untuk itu agar handphone android kembali normal, maka harus diketahui dulu penyebabnya. Berikut ini tips mengatasi handphone android lemot yang bisa Anda lakukan :

Handphone android lemot karena RAM penuh
Banyaknya aplikasi yang Anda install bisa menyebabkan RAM android Anda menjadi penuh sehingga menyebabkan kinerja android menjadi lamot. Untuk mengatasinya, hapus atau uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan jarang Anda gunakan. Jika aplikasi yang tidak Anda perlukan adalah aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall, sebaiknya dinonakrtifkan saja.

Handphone android lemot karena memory internal penuh
Banyaknya file yang tersimpan didalam memory internal juga bisa menyebabkan kinerja android menjadi lemot. Untuk mengatasinya, gunakan memory external (kartu microSD) sesuai ketentuan yang ditetapkan perangkat Anda. Pindahkan semua file yang ada di memori internal ke memory external. Jika memory external maupun internal penuh, maka sebaiknya Anda menghapus file-file yang sudah tidak penting atau tidak lagi Anda butuhkan.

Handphone android lemot karena banyaknya data cache
Sebenarnya data cache adalah data dari aplikasi yang telah dibuka dan tersimpan di ruang penyimpanan internal. Data cache ini sangat berguna yaitu untuk mempercepat proses membuka kembali aplikasi yang telah dibuka sebelumnya, namun ketika kapasitas data cache sudah terlalu besar tersimpan di memory internal, maka hal ini akan membuat kinerja handphone android Anda menjadi lemot. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu membersihkan data cache dari semua aplikasi yang Anda buka. Sebaiknya jangan menggunakan aplikasi pembersih cache atau sejenisnya, bersihkan data cache langsung dari aplikasinya melalui menu pengaturan.

Jika setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas namun handphone android Anda tetap lemot, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan Factory Reset atau hard reset. Dengan melakukan hard reset maka seluruh aplikasi yang bukan bawaan atau aplikasi yang Anda install akan hilang dan hp android Anda akan kembali ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik sehingga terlihat seperti baru pertama kali membelinya. Sebelum Anda melakukan hard reset, sebaiknya backup dulu data-data penting Anda ke tempat lain seperti ke google drive.


Demikian Cara Mengatasi Handphone Android Lemot yang bisa Anda lakukan. Sekarang handphone Anda kembali berjalan normal dan tidak lemot lagi. Jika memang usia handphone android Anda sudah terlalu tua, maka yang harus Anda lakukan adalah mengganti handphone, sebab kemungkinan hardware handphone telah banyak yang rusak. Semoga bermanfaat


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook