Kamis, 01 Februari 2018

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak - Daya ingat pada anak adalah kemampuan yang dimiliki oleh anak itu sendiri didalam mengolah, menyimpan dan memberikan informasi yang telah diserap oleh otaknya. Daya ingat yang dimiliki setiap anak tentunya berbeda-beda, ada yang dapat dengan cepat menangkap dan mengingat apa yang dilihat atau didengarnya tapi ada juga yang lambat. Sebagai orang tua, tentu Anda menginginkan daya ingat anak Anda menjadi kuat sehingga dapat mengingat setiap pelajaran sekolah dan kemudian ia menjadi anak yang pintar.

Pada dasarnya daya ingat pada anak akan meningkat seiring pertumbuhannya, namun ada sebagian anak yang daya ingatnya sulit ditingkatkan. Untuk meningkatkan daya ingat anak maka peranan orang tua menjadi sangat penting didalam membantu meningkatkan daya ingat anak. Berikut ini tips meningkatkan daya ingat anak yang bisa dilakukan orang tua :

Memberikan Makanan Bernutrisi
Faktor makanan yang dikonsumsi anak dapat menjadi pendorong meningkatnya daya ingat anak. Selain makanan yang penuh gizi dan vitamin seperti vitamin B dan B12, pemberian nutrisi pada otak juga sangat diperlukan yaitu dengan memberikan makan yang mengandung omega 3 seperti ikan tuna, ikan salmon, telur ayam atau bebek, kacang-kacangan, susu sapi, susu kambing, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat memberikan makanan yang mengandung folat seperti sayur bayam, kubis, asparagus, brokoli, jagung, pisang, jeruk, kentang, dan lain sebagainya.

Menerapkan Pola Tidur Sehat
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya ingat anak adalah gangguan tidur. Jika anak mengalami kurang tidur, selain membuat anak cendrung rewel dan cengeng, anak juga akan mengalami gangguan otak yang tentunya akan mempengaruhi daya ingat anak itu sendiri. Anak yang terbiasa dengan pola tidur sehat yaitu tidur teratur dan cukup waktu, terutama tidur di malam hari maka akan memiliki kemampuan daya ingat yang kuat. Kualitas tidur yang cukup membantu otak anak berkembang lebih baik, dan hal itu tentunya akan meningkatkan daya ingat anak.

Melatih Daya Ingat Anak
Selain memberikan makanan bernutrisi serta menerapkan pola tidur sehat, orang tua juga harus melatih daya ingat anak. Banyak cara untuk melatih daya ingat anak seperti mengulangi kata yang sama sambil memberikan tanda misalnya menyebutkan angka satu sambil menunjukan jari telunjuk kemudian mengulangi beberapa kali hingga anak mampu mengingatnya, bisa juga dengan sebuah permainan seperti tebak nama binatang, atau dengan cara membiasakan anak untuk selalu mengucapkan salam saat hendak masuk kedalam rumah, dan lain sebagainya. Dengan seringnya melakukan latihan, maka daya ingat anak akan semakin meningkat.

Demikian beberapa Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak yang bisa Anda lakukan. Daya ingat anak harus dikembangkan sejak usia dini sehingga kelak anak akan memiliki kecerdasan dan kekuatan mengingat yang sangat berguna bagi kehidupannya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook