Jumat, 02 Februari 2018

Cara Meningkatkan Energi Tubuh Yang Berkurang

Cara Meningkatkan Energi Tubuh Yang Berkurang - Energi adalah sumber daya yang digunakan untuk menggerakan sesuatu atau melakukan berbagai kegiatan. Setiap orang dalam kegiatan sehari-harinya tentu sangat membutuhkan energi. Energi sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang semua aktifitasnya. Kekurangan energi akan menyebabkan tubuh seseorang menjadi mudah lelah, lesu dan lemah tanpa daya sehingga tidak memiliki kekuatan untuk bergerak menjalankan aktivitasnya. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan energi dalam tubuh.

Berkurangnya energi sering juga dialami oleh para pekerja, terutama mereka yang bekerja di kantor. Penyebab yang umum adalah terlalu sibuk dan adanya beban pikiran, sehingga energi cepat terkuras habis. Bagi Anda yang sering merasa lelah akibat kekurangan energi, berikut ini tips meningkatkan energi tubuh Anda yang berkurang saat bekerja di kantor :

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Protein
Selain berperan penting bagi pembentukan sel dalam tubuh seperti tulang, otot, darah, enzim, dan vitamin, protein juga berguna sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh. Biasakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang tinggi protein agar energi dalam tubuh tetap stabil dan tidak cepat berkurang. Berbagai jenis makanan berprotein tinggi yang dapat Anda konsumsi seperti telur, gandum, susu, yogurt, daging sapi, almond, dada ayam, ikan, dll. Dengan asupan makanan tinggi protein, maka tubuh Anda tidak akan mudah lelah akibat kehilangan energi.

Meluangkan Waktu Untuk Beristirahat Sejenak
Kurangnya energi dapat menimbulkan rasa lelah dan menyebabkan kinerja Anda menurun.  Jika Anda merasakan hal tersebut, maka sebaiknya Anda meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk beristirahat. Hal ini berguna untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Saat Anda beristirahat, sebaiknya jangan melakukan apapun seperti bermain handphone, dll. Manfaatkan waktu istirahat Anda sebaik-baiknya, jika memungkinkan gunakan untuk tidur sebentar.

Meluangkan Waktu Untuk Melakukan Gerakan
Jika Anda merasa mengantuk dan tubuh terasa lelah maka kemungkinan hal tersebut disebabkan karena berkurangnya energi dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi hal itu maka Anda dapat melakukan gerakan-gerakan untuk mengembalikan energi Anda. Cobalah untuk melakukan gerakan ringan sambil berjalan di sekitar kantor Anda selama 10-15 menit, dengan begitu maka tubuh Anda akan terasa segar dan energi Anda akan meningkat sehingga kembali bersemangat.

Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik, terutama irama musik yang enerjik sambil menikmati sedikit cemilan dan secangkir kopi dapat membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang. Agar tidak mengganggu teman kerja Anda, sebaiknya Anda mendengarkan musik dengan menggunakan earphone.

Itulah Cara Meningkatkan Energi Tubuh Yang Berkurang saat Anda bekerja di kantor. Rajin berolahraga, tidur cukup waktu, mengurangi konsumsi alkohol dan rokok akan sangat membantu meningkatkan energi tubuh Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook