Rabu, 31 Januari 2018

Cara Menjadi Orang Tua Yang Baik Bagi Anak

Cara Menjadi Orang Tua Yang Baik Bagi Anak - Setiap orang tua tentunya sangat berharap kelak anak-anaknya akan menjadi orang baik, berbakti kepada orang tua dan berguna bagi sesamanya. Seperti sebuah pribahasa bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, maka begitu juga sifat anak yang tidak akan jauh berbeda dengan orang tuanya. Untuk itu jika orang tua menginginkan anak-anaknya menjadi orang baik maka orang tua itu sendiri yang harus mencontohkan perbuatan baik didepan anak-anaknya, baik tindakan maupun perkataan.

Sebagai orang tua, sudah seharusnya Anda memberikan pendidikan yang baik kepada anak Anda. Salah satu mendidik anak-anak agar mereka dapat menjadi orang baik adalah dengan diawali dari diri Anda sendiri. Untuk itu Anda harus menjadi orang tua yang baik agar dijadikan contoh oleh anak-anak Anda sendiri. Berikut ini cara menjadi orang tua yang baik untuk anak Anda :

Mendidik dan Menanamkan Nilai-Nilai Agama
Sebagai orang tua yang baik maka sudah menjadi kewajiban Anda untuk mendidik dan menanamkan nilai-nilai agama kepada anak Anda. Pendidikan agama harus diterapkan secara tepat, tidak hanya memasukan anak Anda ke taman pendidikan agama atau sekolah agama (Madrasyah) saja, tetapi Anda juga harus taat beribadah sehingga anak akan mencontoh diri Anda sebagai orang tuanya. Dengan melihat orang tuanya melaksanakan ibadah, maka anak akan termotivasi untuk selalu menjalankan ibadah. Bagaimana mungkin Anda menyuruh anak Anda untuk beribadah Sholat jika Anda sendiri tidak melakukan ibadah Sholat. Untuk itu jadilah orang tua yang taat beribadah sehingga anak tidak memiliki alasan untuk menolak beribadah.

Mengajarkan Adab, Tata Krama dan Sopan Santun
Sebagai orang tua yang baik maka sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk mengajarkan kepada anak Anda tentang adab, tata krama dan sopan santun. Hal ini bertujuan agar anak mengerti bagaimana menjalani kehidupannya dengan baik seperti mengerti bagaimana seharusnya menghormati orang tua dan gurunya, bagaimana menghargai teman-temannya, bagaimana seharusnya bertutur kata yang baik dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mempunyai anak yang memiliki adab, tata krama dan sopan santun, maka Anda harus memulainya dari diri Anda sendiri. Untuk itu Anda harus menjadi orang tua yang memiliki adab, tata krama dan sopan santun sehingga anak Anda akan mencontoh diri Anda sebagai orang tuanya.

Mendidik dan Mengajarkan Tanggung Jawab
Sebagai orang tua yang baik maka Anda harus mendidik dan mengajarkan anak Anda untuk selalu bertanggung jawab atas segala apa yang dilakukannya, baik terhadap orang lain maupun terhadap dirinya sendiri. Dengan memiliki rasa tanggung jawab maka anak akan mampu hidup secara mandiri dan tidak tergantung kepada orang tua. Jika Anda ingin mempunyai anak yang memiliki rasa tanggung jawab, maka Anda juga harus menjadi orang tua yang bertanggung jawab.

Dari ketiga hal yang telah diuraikan tersebut, maka kesimpulannya adalah orang tua harus menjadi orang yang taat beribadah, memiliki adab sopan santun dan juga penuh tanggung jawab terhadap segala hal sehingga dapat menjadi teladan dan contoh yang baik bagi anak-anaknya.

Itulah Cara Menjadi Orang Tua Yang Baik Bagi Anak yang dapat Anda lakukan. Masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan rumah tangga Anda agar dapat dijadikan contoh oleh anak-anak Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook