Kamis, 18 Januari 2018

Cara Mencegah Agar Anak Tidak Kecanduan Game

Cara Mencegah Agar Anak Tidak Kecanduan Game - Teknologi saat ini berkembang semakin pesatnya dan telah merambah ke berbagai sektor. Salah satu teknologi yang perkembangannya telah dirasakan banyak orang adalah Internet. Koneksi internet yang semakin kuat dan cepat kian memanjakan penggunanya, baik melalui Komputer maupun Smartphone/Gadget. Salah satu teknologi atau aplikasi yang memanfaatkan koneksi internet yang kuat dan cepat adalah game online. Game online inilah yang paling disenangi banyak orang, terutama anak-anak. Jika anak-anak mulai menyenangi permainan video game, maka pengawasan dari orang tua menjadi hal yang sangat penting agar anak tidak mengalami kecanduan video game.

Teknologi game online yang semakin memiliki banyak fitur dan bermacam-macam permainan membuat anak-anak semakin menyukainya. Sebagai orang tua, Anda tidak boleh membiarkan anak Anda berlama-lama dengan gadget dan game online. Namun untuk pengetahuan anak terhadap perkembangan teknologi, Anda juga tidak boleh menjauhkan anak Anda dari teknologi itu sendiri. Anda harus bisa mengaturnya agar anak Anda tidak kecanduan video game tapi juga tidak buta terhadap teknologi. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan :

Menjelaskan Pengaruh Buruk Video Game
Apabila anak Anda senang dengan permainan video game, baik melalui komputer atau gadget, maka Anda jangan melarangnya. Untuk menghindari anak dari kecanduan game, maka sebaiknya orang tua memberikan penjelasan kepada anak tentang efek buruknya terlalu sering bermain game. Jelaskan pada anak bahwa bermain game terlalu sering dapat membuat ia malas belajar sehingga akan menjadi anak yang bodoh, dll. Berikan penjelasan yang baik tanpa memarahinya.

Mengatur Lamanya Bermain Video Game
Anak-anak yang senang bermain video game kadang menghabiskan waktu terlalu lama saat bermain game, sehingga jika hal itu dibiarkan maka anak dapat menjadi lupa diri dan akhirnya kecanduan game. Untuk mencegah agar anak Anda tidak kecanduan dengan video game, sebaiknya Anda membatasi waktu atau lamanya anak Anda bermain. Dalam hal ini orang tua harus tegas dan disiplin dalam menjalankan aturannya. Anda bisa memberikan waktu 1-2 jam untuk anak bermain game diluar jam belajar dan aktifitas penting lainnya.

Memberikan Pendidikan Ekstra Kulikuler
Pendidikan diluar jam pelajaran sekolah menjadi sangat penting bagi anak-anak. Selain akan menambah ilmu pengetahuan anak, hal itu juga akan mengurangi kebiasaan anak bermain video game. Dengan pendidikan ekstra kulikuler, waktu bermain dan bersantai anak menjadi lebih sedikit sehingga hal ini akan menghindari anak dari kecanduannya terhadap game. Namun demikian, jangan memberikannya jadwal yang padat sebab anak juga butuh bermain dan bersantai. 

Mengajak Anak Rekreasi Sekeluarga
Rekreasi atau bertamasya sekeluarga adalah cara terbaik untuk menciptakan keutuhan dan kerukunan keluarga. Rekreasi dapat mengalihkan perhatian anak dari kesenangannya bermain game dan membuat pikiran anak menjadi segar kembali. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata seperti ke daerah pegunungan, pantai atau tempat hiburan lainnya. Jadwalkan waktu untuk berekreasi bersama sekeluarga dan tentunya disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.

Demikian Cara Mencegah Agar Anak Tidak Kecanduan Game yang harus dilakukan oleh para orang tua. Jadilah orang tua yang bijak terhadap anak-anak Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook