Selasa, 25 April 2017

Cara Merawat Setrika Yang Benar

Cara Merawat Setrika Yang Benar - Setrika merupakan salah satu peralatan elektronik yang wajib ada disetiap rumah tangga. Fungsi setrika yang paling utama adalah merapihkan bahan pakaian yang kusut. Seperti peralatan elektronik lainnya, Setrika juga perlu perhatian khusus agar fungsi dan kegunaannya dapat lebih tahan lama. Namun kebanyakan para pengguna setrika sering mengabaikan perawatan terhadap setrika mereka, sehingga setrika yang mereka miliki sering bermasalah seperti kurang panas dan lain sebagainya.

Untuk merawat setrika agar awet tidak membutuhkan biaya dan sangat mudah dilakukan. Bila Anda ingin mempunyai setrika yang selalu berfungsi dengan baik, maka setrika harus dirawat secara tepat. Berikut ini tips merawat setrika agar tahan lama :

Menjaga kondisi kabel setrika
Fungsi kabel adalah untuk menyalurkan aliran listrik ke elemen setrika sehingga menghasilkan panas. Untuk itu Anda harus selalu memperhatikan kondisi kabel setrika dengan baik. Jangan langsung menggulung kabel setelah pemakaian agar kabel tidak mudah putus atau mengelupas, biarkan beberapa saat hingga kondisi panas setrika mereda. Jangan melipat kabel karena akan mengakibatkan serat tembaga dalam kabel menjadi putus. Bila ingin menggulung kabel setrika, maka harus digulung dengan cara melingkar.

Hindari menyetrika benda keras
Salah satu unsur yang terdapat pada tapak besi setrika adalah lapisan anti lengket. Jika lapisan anti lengket tersebut tergores atau mengalami kerusakan, maka tapak setrika akan mudah kotor. Tapak setrika yang kotor dapat membuat pakaian yang Anda setrika juga ikut kotor dan pakaian yang disetrika tidak bisa rapih dan licin. Untuk menjaga agar lapisan anti lengket pada setrika, maka Anda harus menghindari benda-benda keras atau logam saat menyetrika pakaian seperti retsleting, kancing baju dan benda keras lainnya.

Menjaga kebersihan setrika
Kebersihan pada alat elektronik seperti setrika tentunya harus selalu diperhatikan dengan baik. Setrika yang kotor atau berdebu dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai kerusakan seperti alat pengatur suhu yang tidak berfungsi, arus listrik yang terganggu akibat adanya karat dan kerusakan lainnya yang menyebabkan hasil setrika tidak optimal. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan setrika Anda.

Hindari benturan keras atau terjatuh
Benturan keras atau terjatuh dapat menimbulkan kerusakan pada setrika Anda terutama kerusakan pada bagian dalam seperti elemen pemanas. Untuk itu, Anda harus menghindari setrika Anda dari bentiran keras atau terjatuh. Letakan setrika Anda pada tempat yang aman.

Demikian Cara Merawat Setrika Yang Benar agar awet dan tahan lama. Dengan selalu melakukan perawatan secara rutin, maka setrika menjadi lebih tahan lama. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook