Rabu, 21 September 2016

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami - Sakit yang terjadi pada tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan. Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan dapat disertai gejala-gejala seperti sakit saat menelan, amandel membengkak, sakit kepala, nyeri otot, dll. Sakit yang menyerang tenggorokan Anda biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, namun demikian gejala yang ditimbulkan seperti sakit saat menelan dapat mengganggu kenyamanan aktifitas Anda.

Untuk mengatasi radang tenggorokan dapat menggunakan obat-obatan pereda rasa sakit yang dijual di apotik, selain itu Anda juga dapat menggunakan berbagai bahan alami untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat radang tenggorokan. Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengobati sakit tenggorokan yang dapat Anda gunakan :

Menggunakan Madu Asli
Madu memiliki bahan anti bakteri dan anti virus yang dapat membantu tubuh melawan infeksi pada tenggorokan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu murni kedalam segelas air hangat. Aduk hingga tercampur rata, setelah itu diminum.

Menggunakan Garam
Selain digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, garam juga dapat Anda gunakan untuk menetralkan asam di tenggorokan, sehingga dapat meredakan radang di tenggorokan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Aduk hingga tercampur rata, dan gunakan untuk berkumur.

Menggunakan Buah Lemon
Buah lemon memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Kandungan Astingen yang ada didalam buah lemon dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan  2 sendok makan air perasan lemon kedalam segelas air hangat dan jangan ditambahkan gula. Aduk hingga tercampur rata, setelah itu diminum.

Menggunakan Cengkeh
Cengkeh memiliki bahan anti bakteri dan anti radang sehingga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampukan 3 sendok teh cengkeh bubuk kedalam segelas air hangat. Aduk hingga tercampur rata, dan gunakan untuk berkumur.  

Menggunakan Jahe
Jahe merupakan sejenis rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara menggunakannya adalah siapkan jahe secukupnya, cuci hingga bersih lalu dipotong-potong atau dimemarkan. Campurkan jahe kedalam air secukupnya dan direbus hingga matang, kemudian diangkat dan diamkan hingga air menjadi hangat, setelah itu diminum.

Menggunakan Buah Belimbing
Buah belimbing memiliki sifat anti radang yang mampu meredakan sakit tenggorokan. Cara menggunakannya adalah siapkan 100 gram buah belimbing manis, cuci hingga bersih kemudian diblender untuk dijadikan jus, setelah itu diminum.

Itulah Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami yang dapat Anda lakukan. Masih banyak lagi bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Jika dalam satu minggu, sakit tenggorokan yang disertai deman belum juga sembuh, sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter ahli. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook