Selasa, 24 Mei 2016

Cara Melatih Anak Agar Bisa Mandiri

Cara Melatih Anak Agar Bisa Mandiri - Sebagai orang tua, sudah selayaknya Anda mendidik anak dengan baik. Pendidikan terhadap anak harus dimulai sedini mungkin, agar anak lebih cepat memahami apa yang harus mereka lakukan dalam kehidupan ini. Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak adalah dengan cara mendidik anak menjadi mandiri. Hal itu perlu dilakukan untuk menghilangkan sifat anak yang biasanya malas, manja, keras kepala, dll.

Kemandirian seorang anak tentunya tidak dapat muncul begitu saja tanpa bimbingan dari kedua orang tua-nya. Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin melihat anak Anda tumbuh berkembang menjadi seorang anak yang mampu menjalani kehidupan ini dengan baik. Untuk itu mendidik anak agar mandiri adalah sesuatu yang harus Anda lakukan pada anak Anda. Berikut ini beberapa cara untuk melatih kemandirian anak Anda :

1. Melatih anak untuk bertanggung jawab
Umumnya seorang anak senang bermain dengan berbagai macam barang atau mainan yang ia sukai. Namun setelah mereka telah merasa lelah dan bosan, mainan tersebut sering ditinggalkannya berserakan begitu saja. Orang tua biasanya yang merapihkan kembali barang atau mainan tersebut. Jika hal itu terus dibiarkan, maka anak tidak akan pernah belajar betanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Cobalah perintahkan anak Anda untuk selalu merapihkan kembali mainan atau barang yang telah diambilnya dan meletakkan pada tempatnya semula. Dengan begitu, anak akan belajar bertanggung jawab.

2. Melatih anak untuk disiplin
Salah satu cara untuk melatih kemandirian anak adalah dengan membiasakan anak untuk selalu disiplin dalam segala hal. Contohnya seperti makan pada waktunya, tidur pada waktunya, menggosok gigi sebelum tidur, merapihkan tempat tidur sendiri, menyiapkan perlengkapan sekolah-nya sendiri dan lain sebagainya. Ajarkan kepada anak untuk melakukan semua itu sendiri, dengan begitu sifat anak yang manja secara perlahan akan hilang. Dengan melatih kedisplinan anak, maka akan tumbuh kemandirian dalam diri anak Anda.

3. Melatih anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga
Untuk membentuk anak menjadi seorang yang mandiri dapat Anda lakukan dengan cara meminta kepada anak untuk sekedar membantu pekerjaan rumah tangga. Cobalah perintahkan anak Anda untuk menyapu rumah hanya pada bagian teras rumah saja, menyetrika pakaian hanya pakaian-nya saja, dan lain sebagainya. Dengan begitu maka anak Anda akan terbiasa melakukan aktifitas rutin, sehingga akan membentuk kemandirian dalam diri anak Anda.

4. Melatih anak untuk berani mengeluarkan pendapat
Seorang anak biasanya hanya menuruti apa yang dikatakan orang tua. Namun sebagai orang tua, Anda juga harus memberi kesempatan pada anak Anda untuk mengutarakan pendapatnya. Cobalah untuk menanyakan sesuatu hal kepada anak Anda. Contohnya jika Anda ingin mengajak anak Anda berwisata, tanyakan pendapat anak Anda tentang tujuan wisata tersebut dan juga tentang obyek wisata lain. Dengan berani mengeluarkan pendapat, maka anak Anda akan terlatih untuk mengekspresikan diri dan menjadi mandiri.

Itulah beberapa Cara Melatih Anak Agar Bisa Mandiri yang dapat Anda lakukan. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah jangan selalu menuruti segala keinginan anak Anda, dan juga jangan banyak melarang anak Anda dalam hal-hal tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook