Jumat, 13 Mei 2016

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua - Didalam membina sebuah rumah tangga, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar keharmonisan didalam rumah tangga dapat selalu terjaga dengan baik. Selain hubungan yang baik antara suami dan istri, faktor lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah membina hubungan baik dengan mertua. Mertua adalah orang tua dari istri/suami Anda, yang tentunya mereka juga termasuk didalam keluarga Anda. 

Sebagai menantu yang baik, sudah sepatutnya Anda menjalin hubungan baik dengan mertua Anda. Dengan begitu maka hubungan kekeluargaan akan tetap terjaga sehingga rumah tangga yang Anda bina akan terus berjalan sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan agar hubungan Anda dengan mertua Anda tetap berjalan baik :

1. Menghormati mertua
Menghormati mertua dalam hal ini adalah tindakan yang harus Anda lakukan, baik dalam perkataan atau perbuatan. Menggunakan tutur bahasa yang santun saat berbicara dan bersikap ramah akan membuat hubungan Anda dengan mertua semakin baik. Mendahulukan mertua dalam beberapa hal seperti mempersilahkan untuk yang pertama mengambil hidangan saat makan bersama dan lain sebagainya, maka hal itu dapat menjaga keharmonisan hubungan Anda dengan mertua Anda.

2. Menyayangi mertua
Seperti sayangnya seorang anak kepada kedua orang tuanya, maka hal itu juga harus Anda lakukan terhadap mertua Anda. Salah satu contoh kasih sayang yang dapat Anda berikan kepada mertua Anda adalah dengan selalu memperhatikan kondisi kehidupan-nya seperti kondisi kesehatan mertua Anda. Dengan menyayangi mertua seperti orang tua Anda sendiri, maka hubungan Anda dengan mertua akan selalu terjaga dengan baik.

3. Mengalah kepada mertua
Mengalah dalam hal ini adalah untuk menjaga hubungan agar tetap berjalan dengan baik. Adakalanya terjadi perbedaan pendapat antara Anda dengan mertua Anda, yang mungkin saja hal itu dapat menimbulkan suatu perdebatan dan bisa merusak hubungan yang sudah terbina dengan baik. Tidak ada salahnya jika Anda mengalah kepada mertua demi kebaikan bersama, walau hal itu akan mengganggu perasaan Anda.

4. Menjaga komunikasi
Salah satu cara agar hubungan Anda dengan mertua tetap terjalin dengan baik adalah dengan selalu menjaga komunikasi. Menjaga komunikasi dengan mertua tidak harus dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung. Jika Anda tidak bisa selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi mertua Anda, maka Anda dapat melakukan komunikasi dengan melalui telepon. Tanyakan bagaimana keadaannya dan juga keadaan anak mereka yang lainnya. Dengan begitu, hubungan Anda dengan mertua dapat terus berjalan dengan baik.

5. Menyayangi istri/suami
Istri/suami Anda merupakan anak dari mertua Anda. Sebagai mertua, tentu mereka menginginkan seorang menantu yang baik dan bertanggung jawab terhadap anak mereka. Mereka telah mempercayakan Anda untuk menjadi istri/suami dari anak mereka, untuk itu sudah seharusnya Anda menyayangi istri/suami Anda. Jika Anda menghianati istri/suami Anda, tentunya hal itu dapat menyakiti perasaan mertua Anda. Dengan menyayangi istri/suami Anda, secara tidak langsung Anda telah menciptakan hubungan yang harmonis dengan mertua Anda. 

Itulah Cara Menjaga Hubungan Yang Baik Dengan Mertua yang dapat Anda lakukan. Dengan terjalinya hubungan yang baik dengan mertua Anda, maka diharapkan kerukunan dalam rumah tangga Anda akan tetap terjaga. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook